Selasa, 13 September 2016

Indocement siapkan lahan, Smart kerjakan Jalan Ferry Tarjun

Indocement siapkan lahan, Smart kerjakan Jalan Ferry Tarjun

GEMA, TARJUN - Jalan sepanjang 4,8 kilometer yang masuk didalam Hak Guna Bangunan (HGB) Indocement sejak tahun 1996, kini akan dilakukan peningkatan jalan dengan betonisasi dimulai dari simpang tiga ferry hingga depan kawasan PT Smart, dan pengerjaan tersebut akan dilakukan oleh PT Smart sedangkan pihak Indocement menyediakan lahannya.

Corporate Public Relation and Internal Affairs Division Manager di Jakarta Alexander Frans, saat dihubungi melalui sambungan pesawat telepon mengatakan, pada prinsipnya jalan yang akan di betonisasi tersebut tidak dihibahkan namun hanya bersifat pinjam pakai saja yang panjangnya sekitar 4,8 kilometer dan pengerjaannya akan dilakukan oleh PT Smart.

Untuk kegiatan peninjauan tersebut langsung dilakukan oleh Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar bersama rombongan yakni, survey lokasi dan melihat dimana saja batas-batasnya dan segera akan dilakukan diatas Hak Guna Bangunan (HGB) Indocement.

"Dahulu pernah ada perjanjian antara PT Indocement dan PT Smart pada tahun 1999, agar Indocement bisa memberikan akses kepada PT Smart dan bisa di perkeras namun hingga sekarang belum juga ada pengerasan, jadi kami hanya menyiapkan lahannya dan PT Smart yang melakukan pengerjaan," ungkap Alexander.

Dikatakannya lebih jauh, dengan keinginan bupati agar jalan tersebut di beton supaya masyarakat tidak terganggu dengan debu dan lain-lainnya, akhirnya disepakati untuk bisa dilakukan peningkatan jalan. Intinya, pihaknya sudah menjamin tanah untuk dipakai dan PT Smart mengerjakannya.

"Itu murni dari program CSR dan kita bagi-bagi pekerjaan, Indocement sudah menyediakan lahannya untuk bisa dikerjakan untuk kepentingan bersama, baik itu perusahaan maupun masyarakat Kotabaru pada umumnya,” terang Alexander.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar, saat diwawancarai dilapangan, Jum'at, (9/9/2016) didampingi oleh Dandim 1004 dan Danlanal Kotabaru menyampaikan bahwa, agendanya hari ini guna melakukan kunjungan melihat titik jalan yang akan dikerjakan oleh PT Indocement dan PT Smart.

"Kita meninjau batas mana saja titik tanahnya supaya nanti dari pihak Smart bisa jelas sampai dimana saja posisi tanah yang akan di betonisasi dan berapa panjang juga berapa luas, diperkirakan sekitar 4,8 kilometer dimulai dari titik simpang tiga ferry menuju pabrik PT Smart kemudian disambung menuju pelabuhan ferry tapi itu dikerjakan oleh ferry," tuturnya.

Rencananya, sambung dia lagi, dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan dan pemerintah tentunya menghendaki pengerjaannya bisa secepatnya dilaksanakan dan selesai. Untuk tahap pertama dikerjakan dari depan terlebih dahulu supaya masyarakat bisa merasakan tidak terkena dampak dari debu jalannya hingga rampung.

Disamping itu pula, akan dipasang lampu jalan yakni solar cell termasuk taman maupun pohon di pinggir jalan dan anggaran tersebut merupakan murni dari CSR perusahan masing-masing dan dalam hal ini pemda hanya memediasi kedua belah pihak.

"Selain itu, tahun ini rencananya akan dilakukan pengerjaan pengaspalan jalan keluar menuju jalan provinsi sehingga masyarakat merasa nyaman saat melintas. Jadi, bisa kita berikan temanya nanti adalah Tarjun bersinar," kata bupati dengan senyum yang disertai tawa santai.

Dimintai tanggapan salah satu warga Kotabaru Masrani mengatakan, sudah dapat dipastikan dengan rencana akan ada peningkatan pada jalan tersebut menjadi lebih baik pastinya dan sangat berdampak baik terhadap masyarakat. Karena selain untuk kepentingan perusahaan juga seluruh pihak akan menerima dampak positifnya saat melintas pada jalan itu.

“Saat jalan itu baik maka masyarakat yang melintas pun merasa nyaman. Kita patut apresiasi kepada Indocement yang sudah menyediakan lahannya serta PT Smart akan mengerjakan betonisasinya, dan  kepada pemerintah daerah dalam hal ini bupati yang sudah bersedia memediasi kedua belah pihak untuk saling berkoordinasi sehingga akhirnya jalan itu segera di perbaiki," ungkapnya senang.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Bupati Kotabaru Berdialog Dengan Jamaah Haji di Arafah

Bupati Kotabaru Berdialog Dengan Jamaah Haji di Arafah

GEMA, ARAFAH - Beberapa hari berada di Madinah dan Mekkah, akhirnya jamaah haji Kotabaru yang tergabung di Kloter 06 BDJ sampai waktu wukuf di Arafah dan kini sudah mendapatkan gelar haji. Dalam kesempatan tersebut Bupati Kotabaru Sayed Jafar bersama keluarga meluangkan waktu berdialog langsung dengan jamaah haji disana melalui saluran telepon siaran langsung Radio Gema Saijaan (RGS) 102 FM.

Sebelumnya Bupati Kotabaru Sayed Jafar, melepas peserta pawai takbiran peringatan hari raya Idul Adha 1437 Hijriayah, Minggu, (11/9) malam, di depan gedung DPRD Kotabaru dan langsung menuju studio RGS FM untuk menyapa warga Kotabaru yang tengah melaksanakan haji.

Acara siaran langsung haji tersebut dipandu langsung oleh penyiar RGS, H Kisra Sarwansyah dan memberikan waktu kepada bupati dan Ketua Kloter 06 BDJ H Sulaiman, juga TPHD, H Fadlani yang saat itu berada di Arafah.

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar menyapa mereka yang ada disana dan menanyakan kabar keadaan jamaah haji Kotabaru yang saat itu berada di Arafah untuk melakukan Wukuf. Dan bupati pun berpesan agar jamaah haji diperhatikan terutama bagi mereka yang lanjut usia agar mereka bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji baik sunat maupun wajib.

Menanggapi hal tersebut H Sulaiman selaku Ketua Kloter 06 BDJ menyatakan bahwa, seluruh jamaah dalam keadaan sehat dan bisa menjalankan rangkaian ibadah haji baik sunat maupun wajib, walaupun ada beberapa orang yang resti (reasiko tinggi) jadi perhatian khusus tim medis dan ada dua orang yang disafari Wukufkan.

Tambah Sulaiman, tenda yang ditempati oleh jamaah haji Kloter 06 BDJ sangat strategis karena posisi pertama di maktab 31 dari delapan kloter dan dekat dengan posko kesehatan juga fasilitas MCK.  










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Indocement Serahkan Ratusan Hewan Qurban

Indocement Serahkan Ratusan Hewan Qurban

GEMA, TARJUN - Menyambut hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah, PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk (Indocement) produsen semen Tiga Roda kembali berbagi dengan masyarakat di sekitar wilayah operasional yang kali dalam bentuk bantuan hewan qurban sejumlah 56 ekor sapi, 149 ekor domba, 6 ekor kambing dan 3 ekor kerbau.

Sebagai informasi, ratusan hewan qurban tersebut dibagikan kepada masyarakat desa mitra Indocement di tiga komplek pabrik Indocement, terminal dan gudang semen serta kantor pusat Jakarta, termasuk di 10 Desa binaan Indocement Plant Tarjun Kotabaru.

Disampaikan oleh CSR Manager Head Office Indocement Jakarta, Sahat Panggabean bahwa, dari bantuan tersebut dibagi menjadi 12 desa mitra di Kompleks Pabrik Citeureup Bogor mendapat 2 ekor sapi setiap desanya yang masing-masing satu ekor sapi untuk Kecamatan Citeureup, Kecamatan Klapa Nunggal dan Kecamatan Gunung Putri, serta 1 ekor sapi untuk masjid As-Salam, jadi total hewan qurban di komplek pabrik Citeureup adalah 28 ekor sapi.

“Masyarakat dari 6 desa mitra di komplek pabrik Palimanan Cirebon, menerima hewan qurban berupa 149 ekor domba yang selain didonasikan kepada desa mitra, juga di distribusikan kepada pondok pesantren, masjid serta Muspika setempat. Domba-domba tersebut dibeli Indocement dari peternak mitra sekitar lingkungan pabrik,” terang Sahat.

Dikatakannya lebih jauh, sementara di kompleks pabrik Tarjun Kabupaten Kotabaru sendiri, mendapatkan total bantuan sebanyak 17 ekor sapi yang diberikan kepada masyarakat dengan perincian masing-masing 1 ekor sapi untuk 10 desa mitra dan 1 ekor untuk Desa Cantung, masing-masing 1 ekor untuk Kecamatan Kelumpang Hilir dan Kelumpang Hulu, 1 ekor sapi untuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Kotabaru dan 3 ekor untuk pemangku kepentingan lainnya di Kabupaten Kotabaru.

“Untuk wilayah sekitar terminal dan gudang serta Kantor Pusat Indocement, total sebanyak 11 ekor sapi, 6 ekor kambing dan 3 ekor kerbau di distribusikan kepada masyarakat sekitar,” tambahnya.

Dalam serah terima hewan qurban, sambungnya lagi, Indocement melibatkan berbagai elemen dari karyawan seperti Management serta Serikat Pekerja (SP). Proses distribusi daging qurban seluruhnya akan diserahkan kepada masing-masing aparat pemerintahan baik tingkat Kecamatan maupun Desa untuk selanjutnya diberikan langsung kepada masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Camat Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru Budi Antara mengatakan, dengan bantuan yang dikeluarkan oleh Indocement tentunya sangat mendapat respon baik sekali dari kalangan masyarakat, apalagi agenda tersebut menjadi rutin dalam setiap tahunnya mengeluarkan hewan qurban bagi masyarakat.

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kecamatan Kelumpang Hilir sangat apresiasi sekali dengan Indocement karena setiap tahun terus memberikan bantuannya yang bukan hanya saat Idul Adha saja melainkan di setiap kegiatan, dan sudah banyak bantuan Indocement yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Salah satu masyarakat penerima bantuan tentunya merasa sangat senang dengan Indocement, dan ia menilai perusahaan ITP patut di jadikan contoh karena terus konsen membantu masyarakat sekitar.

“Kita bisa melihat apa saja yang telah dikelurkan oleh Indocement, baik itu perhatian terhadap peningkatan sumber daya manusia yang handal sampai kepada bantuan lainnya dan itu merupakan salah satu upaya nyata di tengah-tengah masyarakat,” ujar Rahman senang dan memberikan apresiasi baik. 











- Penulis : Agus Rifani ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online