KMP Bamega Jaya Beroperasi 2017

GEMA, TELUKGOSONG - Untuk membuka keterisolasian beberapa daerah di Kotabaru, Pemerintah Kabupaten Kotabaru mendapat bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, sebuah kapal fery penyeberangan yang diberi nama KMP Bamega Jaya, dan akan dioperasikan tahun 2017 nanti.

Rencananya kapal tersebut akan melayani jurusan Telukgosong Kecamatan Pulaulaut Timur menuju Sungai Bali Kecamatan Pulau Sebuku.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kotabaru menyambut kedatangan KMP Bamega Jaya di Pelabuhan Teluk Gosong. Jum'at (23/12).

KMP Bamega Jaya adalah kapal buatan dari Cirebon yang mempunyai fasilitas canggih seperti, adanya VDR, Exdisc, radar yang canggih, zairo, cctv setiap sisinya dan kemudi otomatis ( autopilot).

Rudi Baskoro kasi lalu lintas angkutan sungai dan penyeberangan mengatakan bahwa kapal ini nantinya akan siap beroperasi pada bulan Maret 2017.

"Untuk pengoperasikan kapal ini akan dilimpahkan kepada PT.ASDP, tetapi tetap dibawah pengawasan Dishubkominfo Kabupaten Kotabaru, karena lintas kapal antar kecamatan dalam kabupaten menjadi tugas kita untuk mengawasinya," ungkap Baskoro.

Disisi lain Kapten Kapal Muhammadong, bahwa KMP Bamega Jaya bisa mengangkut sebanyak 180 orang penumpang dan untuk kendaraan 9 x 10 ton truk sedang. Dan kecepatan Kapal ini adalah 11 knot dari RPM 1.600 dan masih bisa untuk dinaikkan tetapi masih belum siap karena kondisi mesin masih baru.

Sementara itu Marsadik selaku manajer operasional ASDP mengatakan bahwa kapal ini nantinya akan beroperasi sebanyak tiga kali dalam seminggu.

"Untuk tarif masih dalam penyusunan pengusulan kepada Bupati Kotabaru, karena kapal ini nantinya akan beroperasi lintas kecamatan dalam kabupaten jadi merupakan kuasa bupati untuk menetapkan tarif tersebut," jelasnya.

Ditambahnya, diperkirakan tarif kapal nantinya tidak jauh berbeda dari tarif fery yang sudah beroperasi dikelola pihak swasta. Dan kedepannya seandainya jumlah penumpang sangat minim, kami akan tetap beroperasi.

"Pengoperasian kapal ini sudah mendapatkan subsidi, jadi seandainya tidak ada penumpang atau pun sedikit kami tidak masalah dan kapal tetap akan beroperasi sesuai kontrak," terangnya.










- Penulis : M. Shabirin - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar