Bupati Hadiri Acara Adat Mappanretasi

GEMA, TANJUNG SELAYAR - Bupati Kotabaru Sayed Jafar dan Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin beserta rombongan menghadiri acara Mappanretasi (Pesta Pantai) di Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru, Kamis (24/11).

Dijelaskan Sayed Jafar, agenda wisata tahunan ini tujuannya untuk memberi makan laut sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil laut yang melimpah. Para nelayan Suku Bugis yang tinggal di pesisir pantai menggelar upacara Mappanretasi atau memberi makan laut dengan cara melarung sesajen sebagai wujud syukur atas hasil laut.


Sesajen tersebut berupa sesisir pisang Barengseng, nasi ketan warna putih, hitam, kuning dan merah jambu yang melambangkan ke empat unsur yang ada di muka bumi, juga dilengkapi dengan ayam jantan hitam si Kadi deng.

"Selain menjaga kelestarian beragam adat istiadat, acara Mappanretasi juga dapat menjadi salah satu daya tarik yang mengundang kedatangan turis domestik maupun asing, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian warga setempat dan pendapatan daerah Kotabaru," harap bupati.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan tersebut juga berpesan kepada warga setempat agar menjaga kelestarian alam, terutama menggunakan alat tangkap ikan yang diatur oleh Pemerintah sehingga tidak merusak ekosistem laut.

Masih kata Sayed Jafar, ia akan segera melengkapi fasilitas pendukung di Desa Teluk Tamiang, salah satunya fasilistas jalan sehingga urat nadi perekonomian dan logistik bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Tamiang, Burohim mengucapkan, terima kasih kepada semua unsur yang terlibat, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru sehingga acara tersebut bisa terlaksana dengan meriah.

Dalam acara tersebut, juga digelar acara bakar ikan bersama oleh warga sebanyak kurang lebih satu ton dan hadir dalam acara tersebut, tokoh agama, tokoh masyarakat, Wakil Ketua DPRD Mukhni, Ketua PKK Fatma Idiana dan Wakil Ketua PKK Siti Mariani, Seluruh camat se Kabupaten Kotabaru dan Kepala Desa se Kecamatan Tanjung Selayar.










- Penulis : Reza Fahlevi - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar