Home » » Tiga Roda Kampanyekan Ramah Lingkungan

Tiga Roda Kampanyekan Ramah Lingkungan

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Sabtu, 29 Oktober 2016 Jam : 5:42:00 PM

GEMA, TARJUN - Perusahaan produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (ITP) Plant Tarjun yang beraktifitas di wilayah Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru menggelar aksi peduli dengan ikut berkampanye pembatasan penggunaan kantong plastik dengan membagikan tas atau kantong ramah lingkungan (Recycle Plastic To Save Earth) yang terbuat dari hasil daur ulang limbah bungkus paper bag semen Tiga Roda menjadi tas penganti penggunaan kantong plastik.

Pembagiannya di fokuskan kepada kalangan masyarakat di beberapa daerah Provinsi Kalsel seperti di pasar Terapung Lok Baintan dan taman Kamboja di Banjarmasin, Car Free Day lapangan Murjani Banjarbaru serta Car Free Day kawasan Siring Laut Kotabaru, kegiatan itu dilakukan beberapa kali di lokasi dan waktu yang berbeda.

Kepala Departement SSECSR Indocement Teguh Iman Basoeki mengatakan, program peduli lingkungan tentunya menjadi salah satu agenda kerja untuk kalangan CSR perusahaan, dan khususnya bahan plastik menjadi salah satu sampah yang tidak mudah terurai secara alami dan saat ini di masyarakat sekitar perusahaan ada 10-15% sampah plastik dari data unit pengolahan sampah yang dibangun perusahaan berarti jika tidak dikelola maka akan menjadi beban bagi lingkungan.

“Dengan melaksanakan aksi itu paling tidak masyarakat diharapkan bisa mulai sadar akan peduli lingkungan dan bisa beralih dari penggunaan kantong plastik ke kantong yang bisa di daur ulang,” tutur Teguh.

Dijelaskannya juga, kantong yang dibagikan adalah kantong yang bisa di daur ulang dan ada logo Tiga Roda sehingga sekali langkah dua tiga pulau terlampaui dalam artian Indocement mensosialisasikan penggunaan kantong daur ulang. Selain itu, perusahaan juga telah memanfaatkan sebagian dari sisa pembungkus kantong semen untuk dijadikan kantong belanja.

“Selain dimasyarakat, program juga selalu diawali dari internal perusahaan baru keluar dan ini sudah berjalan sejak    3 tahun lalu, menjadi harapan besar penggunaan dan pemanfaatan limbah domestik juga bisa menjadi alternatif untuk menggantikan konsumsi kantong plastik yang tidak diperlukan dan sekaligus mengurangi beban terhadap lingkungan akibat sampah plastik,” jelasnya.

Senada dengan itu, pelaksana program yang juga selaku CSR Section Head Indocement Nor Imansyah menjelaskan, pelaksanaan kegiatan itu dilaksanakan pada 3 lokasi berbeda dengan total kantong yang sudah dibagikan sebanyak 1.000 pcs. Disamping itu, berkaitan dengan hal tersebut pastinya juga bisa menjadikan sebagai bentuk edukasi peduli pelestarian lingkungan dan kemudian akan lebih difokuskan pada segmen masyarakat seperti siswa pelajar, para ibu rumah tangga dan pedagang.

“Alhamdulillah, dengan kegiatan yang terlaksana masyarakat merasa antusias dan tersadarkan akan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, harapannya jelas agar masyarakat menyadari dampak dari sampah plastik yang sangat merusak lingkungan sehingga diupayakan kesadaran bersama untuk mengurangi penggunaan plastik atau memanfaatkan produk daur ulang guna pelestarian alam dan banyak cara untuk menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya adalah dengan gerakan 3R (Reuse Reduce Recycle),” ujarnya.

Sementara, salah satu karyawan Indocement yang juga penggagas lahirnya komunitas Go Green Hendra Adiwijaya menyatakan, dengan adanya komunitas peduli lingkungan tentunya merupakan wujud nyata penerapan kebijakan perusahaan bagi karyawan dan keluarga besar Indocement berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dan harmonisnya hubungan dengan para stakeholder dan lingkungan.

“Kegiatan kami di komunitas beberapa diantaranya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat secara langsung mengenai sampah organik dan non organik serta memberikan wawasan manfaat sampah menjadi barang yang dapat digunakan kembali,” ucapnya.

Melalui itu, sambungnya, diharapkan kedepan akan terus berupaya mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan kantong plastik dan pada saat berbelanja kepasar agar bisa membawa tas belanja sendiri. “Kebersamaan seluruh elemen masyarakat menjaga dan memelihara lingkungan yang bersih dan hijau untuk di nikmati bersama bagi generasi sekarang dan yang akan datang sudah dapat dipastikan menjadi harapan besar, karenanya harus dimulai dari diri kita sendiri untuk melakukannya dan melalui kegiatan ini Tiga Roda menunjukkan sebagai perusahaan dengan komitmen kuatnya dalam inisiatif pelestarian lingkungan hidup.,” tambah Hendra.

Melihat aksi nyata tersebut, salah satu masyarakat Pulau Laut menilai sudah seharusnya kegiatan serupa patut dilakukan oleh perusahaan lainnya yang beraktifitas dibumi Saijaan agar rasa kepedulian terhadap lingkungan dapat terus ditumbuhkan secara bersamaan. Akan tetapi, bukan hanya dikalangan perusahaan maupun pemerintah saja tapi juga dikalangan masyarakat seyogyanya bisa lebih menyadari bahwa pentingnya untuk menjaga lingkungan.

“Itu bisa dimulai dari lingkungan sekitar kita, dan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Indocement patut di apresiasi oleh seluruh kalangan, karena ketika kita bicara perhatian terhadap lingkungan tidak peduli dia datang dari kalangan mana atau dari status apa, tapi lebih kepada aksi nyata yang dilakukan seperti halnya Indocement yang selalu konsen melihat hal tersebut,” cetus Rahman.

Warga lainnya, seperti yang sering dilakukan oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alydrus mengagendakan secara rutin melaksanakan bersih-bersih lingkungan perkotaan dan pedesaan, pastinya itu juga merupakan bentuk perhatian nyata dan sudah selayaknya di contoh.

“Masa pemimpin saja turun ke jalan memungut sampah, kita sebagai masyarakat harusnya malu melihat itu dan bisa lebih peduli kedepannya terhadap lingkungan, karena disadari dengan lingkungan bersih maka pola hidup akan sehat, dan aksi Indocement menurut saya adalah keren,” imbuh Yohar sambil tersenyum.

Aksi kepedulian nyata terhadap perhatian lingkungan tentunya menjadi harapan besar agar kelangsungan ekosistem alam dapat berjalan sebagaimana mestinya. Banyak kegiatan yang telah terlaksana baik yang datang dari perseorangan, kalangan civil society, perusahaan, maupun pemerintah.

Untuk diketahui bersama bahwa, kegiatan tersebut terselenggara atas inisiatif dan kerjasama beberapa karyawan Indocement yang membentuk komunitas Go Green. Selain membagikan tas daur ulang juga dikemas dalam program rekreasi tahun 2016 yang diisi dengan sosialisasi peduli lingkungan kepada para pedagang dan masyarakat sekitar.Melalui kegiatan tersebut Indocement menunjukkan komitmen kuatnya dalam inisiatif pelestarian lingkungan sekaligus promosi Tiga Roda lebih dikenal sebagai produk hijau di Kalimantan.










- Penulis : Agus Rifani ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved