Home » » Kotabaru Siapkan 20 Sekolah Jadi Adiwiyata Kabupaten

Kotabaru Siapkan 20 Sekolah Jadi Adiwiyata Kabupaten

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Senin, 17 Oktober 2016 Jam : 11:59:00 PM

GEMA, PULAULAUT - Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menyiapkan 20 sekolah untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten, yaitu sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Ketua Tim Pembina Adiwiyata Kabupaten Kotabaru H. Akhmad Rivai di Kotabaru, Jumat, mengatakan, Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, jadi Adiwiyata merupakan program dan bukan lomba.

"Periode 2016 kita menetapkan 20 Sekolah Adiwiyata Kabupaten, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas," katanya.

Sekolah yang ditetapkan meliputi, enam SDN di antaranya SDN 1 Stagen (nilai 74), SDN Sungai Taib (nilai 73), SDN Teluk Gosong (nilai 70).

Delapan sekolah SMP/MI terdiri dari SMPN 5 Kotabaru (nilai 68), SMPN 1 Kotabaru (nilai 56), SMPN 1 Pulau Laut Timur, 6 SMA/SMK/MA terdiri dari SMKN 2 Kotabaru (nilai 74), SMA Indocement Tarjun (nilai 74), SMAN 1 Pulau Laut Timur (nilai 72).

Untuk itu dengan memerhatikan standar penilaian tingkat Kabupaten berdasarkan kisi-kisi aplikasi dan bukti fisik portofolio minimal memperoleh nilai 58 maka direkomendasikan penilaian ke tingkat provinsi.

Keuntungan mengikuti program Adiwiyata di antaranya menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif; serta menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Disamping itu dalam upaya mendukung program Adipura yang digalakkan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar periode 2016 - 2021.

Periode 2016 telah ditetapkan pembinaan sekolah-sekolah Adiwiyata yang dilakukan oleh Tim Pembina Kabupaten mencakup 34 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, 15 SMP/MI, dan 14 SMA/SMK/MA.

Sekolah Adiwiyata Nasional 2014 dan 2015 melakukan pembinaan ke sekolah binaan/imbas Adiwiyata, yaitu SMAN 2 Kotabaru yang merupakan predikat Adiwiyata Nasional 2014 dan MAN Kotabaru merupakan Adiwiyata Nasional 2015.

"Diharapkan kedua sekolah ini akan meningkatkan predikatnya menjadi Adiwiyata Mandiri," harap mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kotabaru.

Rivai menambahkan, telah disepakati sekolah-sekolah di setiap tingkatan dari TK, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MAN berkomitmen siap mendukung untuk melaksanakan program Adiwiyata, sehingga Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait wajib menyusun program penunjang dalam mensukseskan program Adiwiyata. 










- Sumber : kalsel.antaranews.com
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved