Indocement siapkan lahan, Smart kerjakan Jalan Ferry Tarjun

GEMA, TARJUN - Jalan sepanjang 4,8 kilometer yang masuk didalam Hak Guna Bangunan (HGB) Indocement sejak tahun 1996, kini akan dilakukan peningkatan jalan dengan betonisasi dimulai dari simpang tiga ferry hingga depan kawasan PT Smart, dan pengerjaan tersebut akan dilakukan oleh PT Smart sedangkan pihak Indocement menyediakan lahannya.

Corporate Public Relation and Internal Affairs Division Manager di Jakarta Alexander Frans, saat dihubungi melalui sambungan pesawat telepon mengatakan, pada prinsipnya jalan yang akan di betonisasi tersebut tidak dihibahkan namun hanya bersifat pinjam pakai saja yang panjangnya sekitar 4,8 kilometer dan pengerjaannya akan dilakukan oleh PT Smart.

Untuk kegiatan peninjauan tersebut langsung dilakukan oleh Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar bersama rombongan yakni, survey lokasi dan melihat dimana saja batas-batasnya dan segera akan dilakukan diatas Hak Guna Bangunan (HGB) Indocement.

"Dahulu pernah ada perjanjian antara PT Indocement dan PT Smart pada tahun 1999, agar Indocement bisa memberikan akses kepada PT Smart dan bisa di perkeras namun hingga sekarang belum juga ada pengerasan, jadi kami hanya menyiapkan lahannya dan PT Smart yang melakukan pengerjaan," ungkap Alexander.

Dikatakannya lebih jauh, dengan keinginan bupati agar jalan tersebut di beton supaya masyarakat tidak terganggu dengan debu dan lain-lainnya, akhirnya disepakati untuk bisa dilakukan peningkatan jalan. Intinya, pihaknya sudah menjamin tanah untuk dipakai dan PT Smart mengerjakannya.

"Itu murni dari program CSR dan kita bagi-bagi pekerjaan, Indocement sudah menyediakan lahannya untuk bisa dikerjakan untuk kepentingan bersama, baik itu perusahaan maupun masyarakat Kotabaru pada umumnya,” terang Alexander.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar, saat diwawancarai dilapangan, Jum'at, (9/9/2016) didampingi oleh Dandim 1004 dan Danlanal Kotabaru menyampaikan bahwa, agendanya hari ini guna melakukan kunjungan melihat titik jalan yang akan dikerjakan oleh PT Indocement dan PT Smart.

"Kita meninjau batas mana saja titik tanahnya supaya nanti dari pihak Smart bisa jelas sampai dimana saja posisi tanah yang akan di betonisasi dan berapa panjang juga berapa luas, diperkirakan sekitar 4,8 kilometer dimulai dari titik simpang tiga ferry menuju pabrik PT Smart kemudian disambung menuju pelabuhan ferry tapi itu dikerjakan oleh ferry," tuturnya.

Rencananya, sambung dia lagi, dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan dan pemerintah tentunya menghendaki pengerjaannya bisa secepatnya dilaksanakan dan selesai. Untuk tahap pertama dikerjakan dari depan terlebih dahulu supaya masyarakat bisa merasakan tidak terkena dampak dari debu jalannya hingga rampung.

Disamping itu pula, akan dipasang lampu jalan yakni solar cell termasuk taman maupun pohon di pinggir jalan dan anggaran tersebut merupakan murni dari CSR perusahan masing-masing dan dalam hal ini pemda hanya memediasi kedua belah pihak.

"Selain itu, tahun ini rencananya akan dilakukan pengerjaan pengaspalan jalan keluar menuju jalan provinsi sehingga masyarakat merasa nyaman saat melintas. Jadi, bisa kita berikan temanya nanti adalah Tarjun bersinar," kata bupati dengan senyum yang disertai tawa santai.

Dimintai tanggapan salah satu warga Kotabaru Masrani mengatakan, sudah dapat dipastikan dengan rencana akan ada peningkatan pada jalan tersebut menjadi lebih baik pastinya dan sangat berdampak baik terhadap masyarakat. Karena selain untuk kepentingan perusahaan juga seluruh pihak akan menerima dampak positifnya saat melintas pada jalan itu.

“Saat jalan itu baik maka masyarakat yang melintas pun merasa nyaman. Kita patut apresiasi kepada Indocement yang sudah menyediakan lahannya serta PT Smart akan mengerjakan betonisasinya, dan  kepada pemerintah daerah dalam hal ini bupati yang sudah bersedia memediasi kedua belah pihak untuk saling berkoordinasi sehingga akhirnya jalan itu segera di perbaiki," ungkapnya senang.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

1 Comments :