Home » » Indocement Bantu 15 Alat Semprot Karhutla

Indocement Bantu 15 Alat Semprot Karhutla

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Jumat, 30 September 2016 Jam : 8:27:00 PM

GEMA, TARJUN - PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk Plant Tarjun yang berlokasi di Kecamatan Kelumpang Hilir kembali melaksanakan program Corporate Social Responsbility (CSR) yang kali ini kepedulian terhadap kebakaran hutan maupun lahan berkenaan dengan Karhutla dan perusahaan sendiri memberikan bantuan sebanyak 15 alat semprot, yang dibagi menjadi dua lokasi yakni untuk tim Karhutla Kecamatan Kelumpang Hilir sebanyak 7 unit yang diterima secara simbolis oleh Kapolsek Kelumpang Hilir dan 8 unit untuk Kompi Satuan Brimob Batulicin.

Dikatakan oleh Kepala Departement SSECSR Indocement, Teguh Iman Basoeki bahwa, berkaitan dengan pencegahan Karhutla yang menjadi perhatian bersama tentunya Indocement juga peduli melihat hal tersebut dan pastinya pihak perusahaan terus konsen.

“Indocement tentunya peduli akan hal itu dan beberapa waktu lalu kami menyerahkan bantuan sebanyak 15 alat semprot yang diserahkan kedua lokasi yakni, tim penanganan dan pencegahan Karhutla Kecamatan Kelumpang Hilir sebanyak 7 buah dan untuk Kompi Brimob Batulicin sebanyak 8 buah,” tuturnya santai beberapa waktu lalu.

Dikatakannya lebih jauh, di dalam management perusahaan Indocement sendiri telah menerapkan sistem management K3 dan telah mendapatkan sertifikasi SMK3 dan ISO 18001 sehingga perusahaan telah melakukan tindakan preventif untuk keselamatan serta pencegahan dan penanggulangan kebakaran termasuk perusahaan juga mempunyai tim pemadam kebakaran sendiri.

“Pastinya di Indocement ada tim khusus yang menangangi persoalan seperti itu dan itu sesuai dengan prosedur standart apabila terjadi peristiwa kebakaran hutan maupun lahan,” tambahnya.

Menjadi harapan bersama bantuan yang telah disalurkan oleh Indocement dapat turut membantu penanganan Karhutla dan digunakan seoptimal mungkin dilapangan saat terjadi peristiwa tersebut. Akan tetapi, tentu diharapkan pula jangan sampai terjadi karena akan memberikan dampak bukan hanya kepada manusia namun juga kepada lingkungan sekitar sehingga dapat mengganggu kehidupan ekosistem alam.

Ia menilai, upaya-upaya yang telah terbangun antar pihak dalam menyikapi persoalan Karhutla sangat baik dan tetap perlu dijaga agar sinergitas yang sudah terbangun dapat dipertahankan dengan harapan baik.

Disamping itu, kata Teguh lagi, Indocement juga membantu sosialiasi dalam pencegahan dan penanganan Karhutla dengan sosialisasi tata ruang desa, kesadaran menjaga lingkungan, pemasangan spanduk-spanduk, larangan membuka lahan dengan membakar serta upaya nyata lainnya. “Oleh karena kerjasama masyarakat dan aparat desa tentunya sangat diharapkan sehingga Karhutla dapat diminimalisasi,” jelasnya.

Pada kesempatan berbeda, Kapolsek Kelumpang Hilir yang langsung secara simbolis menerima bantuan dari Indocement IPTU GM Angga Satrya Wibawa SIK mengatakan, hal itu merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pihak Indocement, Polsek Kelumpang Hilir dan Koramil dan masyarakat yang memberikan dampak positif.

“Pastinya kami berterimakasih dengan adanya penyerahan bantuan yang dilakukan oleh Indocement untuk tim penanganan Karhutla di wilayah Kecamatan Kelumpang Hilir dan diharapkan kerjasama semacam itu akan terus terjalin dengan baik,” katanya.

Senada dengan itu, Camat Kelumpang Hilir Budi Antara melihat apa yang telah dilakukan oleh Indocement sangat baik sekali guna dalam mencegah dan menangani terkait dengan kebakaran hutan dan lahan.

“Saya selaku Camat berterimakasih kepada Indocement karena terus konsen membantu masyarakat dan itu pastinya menjadi salah satu apresiasi yang sangat baik oleh pihak perusahaan kepada masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu juga Kotabaru secara langsung kedatangan Kapolda Kalsel yang juga konsen menyikapi permasalahan Karhutla di daerah-daerah dan dalam kesempatannya secara langsung menyaksikan simulasi yang di lakukan oleh tim gabungan pencegahan Karhutla, yang juga langsung dihadiri oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alydrus SH bersama dengan pejabat lainnya.







- Penulis : M. N. Fauzi - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved