Home » » Indocement Bangun I-Shelter Untuk Karyawan

Indocement Bangun I-Shelter Untuk Karyawan

Hak Cipta By : Gema Saijaan Posting Hari : Sabtu, 20 Agustus 2016 Jam : 5:03:00 PM

GEMA, TARJUN - Sebagai bentuk perhatian khususnya kepada kalangan karyawan utamanya berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan (K3L), produsen semen merk tiga roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun yang berada di Kecamatan Kelumpang Hilir membangun I-Shelter yaitu sebuah sarana dan fasilitas terpadu di bidang keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup (K3L) yang diperuntukkan bagi karyawan, mitra kontraktor dan masyarakat.

Gedung tersebut dibangun diatas lahan hijau seluas 15.000 m2 dan bangunan permanen dengan ukuran 2.833 m2 serta 15 ruangan yang dilengkapi berbagai sarana dan fasilitas tersebut diresmikan oleh Drektur Utama Indocement Christian Kartawijaya, dan dalam pelaksanaannya tampak pula berhadir Direktur Teknik, General Manager, Serikat Pekerja dan pimpinan Indocement Plant Tarjun dari berbagai lini.

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya dalam kesempatannya mengatakan bahwa, Indocement Safety Health Environmental Learning Center (I-Shelter) dibentuk dengan modul life Saving Rules, fasilitas terpadu bidang K3L dan ini diperuntukkan bagi karyawan, mitra kontraktor dan masyarakat guna mendukung safety culture yang berujung pada safe work healthy life environmental friendly.

"Oleh karenanya marilah kita tetap fokus dan berusaha untuk mencapai keunggulan dalam Health and Safety di tempat kerja kita. Saya berharap I-Shelter pusat pelatihan keselamatan baru dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk melatih serta meningkatkan kesadaran akan keselamatan di semua tingkat karyawan dan kontraktor serta masyarakat. Selain itu, saya juga meminta karyawan untuk tidak melupakan safety talk," paparnya.

Sementara, Kepala Departement SSECSR Indocement, Teguh Iman Basoeki saat diwawancara mengatakan bahwa, pembangunan I-Shelter sebagaimana namanya digunakan sebagai sarana dan prasarana pelatihan untuk keselamatan, kesehatan dan lingkungan dan semua pelatihan akan dilaksanakan secara terpadu baik teori maupun dari segi prakteknya.

"Untuk sarana yang tersedia seperti showroom untuk memberikan contoh-contoh alat, APD, seragam, standar kerja, ruang kelas untuk pelatihan. Disamping itu juga, pelatihan lapangan yang terdiri prosedur kerja ketinggian, pekerja didalam ruang terbatas, bekerja dengan panas dan lain sebagainya," papar Teguh menerangkan.

Dijelaskannya lebih jauh, I-Shelter sendiri didesain semirip mungkin dengan aplikasi pekerjaan dilapangan sehingga pelatihan yang dilakukan dapat memberikan materi aplikasi seperti diaktual pekerjaan dengan harapan ilmu yang diberikan dapat lebih mudah diterima dan kemudian diaplikasikan  pada ruang lingkup pekerjaan yang nyata atau real.

"Menjadi harapan bersama fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan dan dijalankan secara berkelanjutan sehingga K3 menjadi budaya dengan tujuan awalnya yakni Zero Accident dapat tercapai sebagaimana harapan bersama," tambahnya pula.

Pihak karyawan Indocement, Isra Mulyadi mengatakan, tentunya melihat hal tersebut merupakan langkah yang sangat baik sekali, karena menurutnya dengan begitu secara tidak langsung akan lebih meningkatkan kualitas pengetahuan para pekerja.

"Menurut saya sih hal itu sangat bagus sekali, karena akan semakin meningkatkan kualitas pengetahuan pekerja utamanya dalam hal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan cara memberikan pelatihan sekaligus prakteknya secara langsung, ungkap Isra Mulyadi dengan senyum.

Ia sebagai karyawan Indocement berharap agar fasilitas seperti itu dapat terus berkembang dengan fasilitas pendukung lainnya sehingga ilmu yang didapat bisa dikembangkan dalam program pelatihan dengan adanya sarana tersebut.









- Penulis : Agus Rifani ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved