Home » » Majelis Kepercayaan Kaharingan Gelar Rapat

Majelis Kepercayaan Kaharingan Gelar Rapat

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Sabtu, 23 Juli 2016 Jam : 12:15:00 AM

GEMA, HAMPANG - Sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa aliran kepercayaan harus membentuk badan hukum dan mendaftarkan diri kepemerintah agar keberadaannya diketahui di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut ketua majelis aliran kepercayaan kaharingan Kabupaten Kotabaru, Sukirman, menggelar rapat untuk membahas apa yang harus mereka lengkapi untuk pengajuan berkas-berkas yang diminta pemerintah kepada anggotanya.

Perwakilan dewan dan anggota majelis kepercayaan dari enam kecamatan, yaitu,  Hampang, Sungai Durian, Pamukan Barat (Sengayam), Kelumpang Barat (Bungkukan), Kelumpang Hulu (Cantung), dan Pamukan Utara (Bakau) menggelar rapat. terkait penyusunan kelengkapan yang harus di sinergikan antara anggota majelis.

Dalam rapat tersebut dibahas mengenai kelengkapan yang harus mereka lakukan yaitu, harus mempunyai badan hukum, mempunyai logo (gambar), dan asal usul ajaran yang dipercaya. Selasa, (19/7) di balai adat Hampang yang dipimpin oleh ketua majelis aliran kepercayaan tingkat Kabupaten Kotabaru.

Dikatakan ketua majelis kepercayaan, Sukirman, kami diharuskan melakukan penyusunan mulai dari badan hukum, logo, dan asal usul ajaran aliran kepercayaan kaharingan dan nantinya akan diajukan ke pemerintah kabupaten hingga diteruskan kepemerintah pusat.

"Semua ini kami lakukan agar enam kecamatan jadi satu badan hukum dan diakui di Indonesia, biar anak cucu kami nantinya jelas keberadaannya untuk identitas mereka," ungkap ketua majelis.

Karena selama ini, tambah Sukirman, identitas, perkawinan dan yang lainnya menjadi persoalan dipemerintahan bagi warga yang menganut kepercayaan kaharingan sebab di Indonesia hanya lima agama yang diakui saat ini.

Ia pun berharap dengan adanya hal ini mudah-mudahan permasalahan yang dihadapi oleh warganya bisa cepat terselesaikan dan keberadaan mereka diakui dipemerintahan.












- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved