PDAM Kotabaru Butuh Tambahan Embung

GEMA, PULAULAUT - Untuk mengatasi terjadinya kemarau panjang yang melanda Kotabaru seperti beberapa waktu lalu, pihak Perusaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kotabaru, membutuhkan adanya penambahan waduk yang berkapasitas lebih besar hingga dua juta kubik.

Direktur PDAM Kotabaru, Noor Ifansyah, saat dijumpai di instalasi pengolahan air gunung relly, Senin (21/3), mengatakan, bahwa harus ada penambahan penampungan air baku seperti halnya waduk gunung ulin. dan minimal penambahan tersebut harus satu juta kubik.

“Kalau Kotabaru ingin terbebas dari musim kemarau yang berkepanjangan maka harus memiliki penampungan air 1500 hingga dua juta meter kubik air, jadi masih memerlukan lima sampai enam buah embung,” ungkap Ifan.

Saat ini air baku di Waduk Gunung Ulin berada dibatas normal dengan ketinggian enam meter, dengan kemampuan daya simpan 180 ribu meter kubik. Namun itu sangat tidak cukup untuk mengatasi musim kemarau di Kabupaten Kotabaru, dikarenakan dam-dam penampungan tersebut itu sifatnya cuma sebagai penangkap air saja.

Direktur PDAM, menjelaskan, apabila debit sungai yang menjadi sumber air sudah tidak bisa mengalir ke waduk maka pemakaian perhari untuk wilayah Gunung Ulin, Gunung Relly dan Gunung Pemandangan akan turun lima centimeter.

Ifan, mengharapkan, perencanaan pembangunan embung di Desa Tirawan pada tahun ini tidak ada kendala, dan pada tahun 2017 nanti akan dibangun lagi embung di gunung perak sehingga capaian satu juta meter kubik air bisa tercapai dan walaupun musim kemarau tiba air di Kabupaten Kotabaru bisa lebih panjang daya tahannya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar