Home » » ITP Latih PKK Langadai Cara Bertani

ITP Latih PKK Langadai Cara Bertani

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Jumat, 08 April 2016 Jam : 4:01:00 PM

GEMA, TARJUN - Melalui program Corporate Social Responsbility (CSR), Perusahaan produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Plant Tarjun, sekitar 20 orang anggota PKK Desa Langadai Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, dilatih cara bertani di Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M).

Manager Indocement, Ir H Achmadi menyampaikan, pelatihan tersebut dilakukan guna menarik minat masyarakat untuk bertani khususnya petani sayuran atau hortikultura agar tidak terjadi kekurangan sayuran dimasyarakat.

“Ini yang ketiga kalinya dilakukan oleh pihak perusahaan, dan kedepan perusahaan akan terus membina warganya sehingga lahan-lahan kosong yang dimiliki warga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan para petani mampu meningkatkan hasil panen mereka sehingga pendapatan masyarakat bisa bertambah,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Achmadi, pelaksanaan pelatihan lebih awal dirasa penting dan selanjutnya akan dilakukan pembinaan. Karena faktor keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh pengetahuan dan kesungguhan warga untuk berkembang. Selain itu, perusahaan juga memberikan bantuan berupa bibit serta pendampingan langsung kepada masyarakat.

Salah satu peserta pelatihan Sumarni, dari RT 01/RW.01 Desa Langadai mengatakan, ia bersyukur dengan adanya pelatihan yang di fasilitasi oleh Indocement tersebut banyak mendapatkan informasi, yangmana dulunya kami hanya mendapatkan informasi cara bertani dari keluarga saja.
 
Sementara, narasumber kegiatan Kepala P3M Indocement Plant Tarjun, I Wayan Kedep Sudhiarta mengatakan bahwa, ada beberapa materi yang disampaikan misalkan saja terkait dengan jenis tanah, pengelolaan tanah untuk budidaya pertanian yang baik, dan pemahaman kepada petani tentang cara menjaga kesuburan tanah, penanaman, jenis-jenis pupuk, hama dan penyakit tanaman, pemeliharaan serta pemasaran.

"Keinginan peserta untuk mengembangkan usaha sangat baik apalagi di lingkungan sekitar warga sangat mendukung dan lahan juga kebutuhan air cukup apalagi mereka mendapat dukungan dari pemerintah desanya," ungkapnya.

Kepala Desa Langadai, Eddy Marhadi mengungkapkan, melihat kondisi tanah di wilayahnya sangat baik tentunya, kedepan akan sangat bagus prospeknya untuk usaha pengembangan usaha pertanian. Dan mayoritas warga disini adalah petani.

Pelatihan dasar pertanian ini merupakan realisasi dari Pilar Pendidikan dan Pilar Ekonomi, dua dari 5 pilar yang mendasari Program Bina Lingkungan sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR), tentunya juga ini merupakan upaya untuk menciptakan unit-unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bidang pertanian di desa binaan dan aplikasinya kepada 10 desa binaan sekitar operasional pabrik untuk dikembangkan.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved