ITP Tarjun Bangun Los Pasar Tradisional

GEMA, TARJUN -Perusahaan produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (ITP) Plant Tarjun, melalui program Corporate Social Responsbility (CSR), memberikan bantuan kepada masyarakat desa binaan dengan membangunkan los pasar tradisional yang ada di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru.

Turut hadir pada acara serahterima bangunan los pasar Desa Tarjun, Management Indocement, Pemerintahan Kecamatan Kelumpang Hilir, tokoh masyarakat, alim ulama, aparat desa, BPD dan LPM tokoh pemuda Desa Tarjun.

Management Indocement, SSECSR Dept Head Teguh Iman Basoeki, menyampaikan, pembangunan los pasar tradisional Desa Tarjun tentunya program CSR perusahaan khususnya dalam pilar ekonomi dan pilar kesehatan yang bekerjasama dengan aparat dan masyarakat Desa Tarjun.

“Dengan adanya tambahan los pasar tersebut dan renovasi bangunannya kita sama-sama berharap Desa Tarjun mempunyai pasar yang lebih tertata, sehat dan pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi desa,” tutur Teguh.

Sedangkan untuk bangunan los pasar itu sendiri lebar 8 meter dengan panjang 30 meter. Dan perusahaan berharap masyarakat Desa Tarjun dapat memelihara dan memanfaatkan pasar tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari hari sehingga dapat meningkatkan pekonomian di Desa Tarjun, ungkap Teguh.

Menanggapi hal tersebut Camat Kelumpang Hilir, Budi Antara SP, mengatakan, dengan adanya bantuan dari Indocement itu adalah upaya nyata untuk meningkatkan perekonomian yang disadari sangat diperlukan baik sarana dan prasarana yang mendukung.

“Kami sangat mengapresiasi pembangunan los pasar Desa Tarjun itu. Semoga menjadi aktivitas perdagangan yang lebih baik guna meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan. Apa yang telah diberikan perusahaan tersebut agar kiranya dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, ditata rapi, sehat dan kemudahan serta kenyamanan bagi warga,” papar Camat bangga.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Tarjun, Sahrani bahwa, sebelumnya kondisi pasar harian desa tidak teratur dan jumlah los yang disediakan tidak mencukupi untuk pedagang berjualan hanya sekitar 65 pedagang dan sekarang bertambah menjadi 76 pedagang.

“Dengan adanya bantuan tambahan los pasar tersebut pedagang yang sudah menjadi pelaku usaha kami pastikan mendapatkan tempat. Dan sekedar diketahui untuk sekarang jumlah pasar yang dimiliki oleh desa ini sebanyak 2 buah yakni pasar harian desa dan pasar mingguan,” ucap Kades menerangkan.

Ia mewakili Pemerintahan Desa sangat menyambut baik dengan adanya program perusahaan ini sehingga ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Dan berharap Indocement terus melakukan program lainnya yang juga bermanfaat buat desa kami.

Dilain pihak, salah satu masyarakat dari RT 01 RW.01 yang juga pedagang dari Desa Tarjun Riyan Rusmadi mengungkapkan, ia yang dalam kesehariannya berjualan ikan dan sayur mayur sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari Indocement, karena sebelumnya bangunan pasar yang ada sudah terasa kurang nyaman, belum lagi tidak tertata dan sudah mulai rusak.

“Sekarang kondisi pasar sudah lebih nyaman, karena tertata dengan baik dan pastinya juga bersih, dari semua pedagang berharap kondisi pasar saat ini agar bisa dipertahankan, jika memungkinkan bisa lebih baik lagi, utamanya akses jalan pengunjung pasar masih perlu ditata lebih baik lagi,” ujarnya berharap.










- Penulis : Agus Rifani ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar