Sabtu, 19 September 2015

Tiap Hari Jamaah Kloter 08 BDJ Periksakan Diri

Tiap Hari Jamaah Kloter 08 BDJ Periksakan Diri

GEMA, MEKKAH - Lima hari berada di Kota Suci Mekkah, jamaah calon haji kloter 08 BDJ gabungan Kotabaru, Tanah Bumbu dan Banjarbaru, kini beradaptasi dengan suhu udara disana bahkan pola makan dan hal tersebut mengharuskan mereka untuk rutin melakukan pemeriksaan kepada tim kesehatan haji kloter.

Para jamaah rutin ke Masjidil Haram bersama dengan petugas haji kloter baik ketua rombongan maupun ketua regu mereka yang mendampingi dan kebanyakan mereka hanya sakit ringan seperti sakit kepala, pegal pegal dan lainnya.

Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) untuk kloter 08 BDJ dr Dalia T N, melalui via telepon mengatakan, rata rata setiap harinya para jamaah memeriksakan diri ada sekitar 20 orang kepada tim kesehatan kloter dan meminta asupan vitamin maupun obat yang harus di konsumsi.

"Setiap harinya pasti ada yang memeriksakan diri ke posko kesehatan kloter, sekitar 20 an jamaah karena pegal pegal setelah datang dari Masjidil Haram dan melakukan kegiatan lainnya," jelas Dalia.

Selain para jamaah yang memeriksakan diri ke posko kesehatan, tim kesehatan kloter juga melakukan pemeriksaan dan kontrol tiap kamar terhadap jamaah. Dan jamaah pun di himbau agar menjaga kesehatan mereka dengan mengurangi kegiatan ibadah sunat karena beberapa hari lagi akan melakukan wukuf di Arafah. 










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
360 Jamaah Calon Haji Kloter 08 BDJ Sehat

360 Jamaah Calon Haji Kloter 08 BDJ Sehat

GEMA, PULAULAUT - Setelah meninggalkan tanah air Senin, (14/09/2015), pukul 02.44 dini hari dengan pesawat Garuda Air G 330 di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, kloter 08 BDJ gabungan Jamaah calon haji asal Kotabaru, Tanah Bumbu dan Banjarbaru, kini sudah berada di Kota Mekkah dalam keadaan sehat.

Sebelum menuju kepemondokan di Mahbas Jin, rombongan kloter 08 BDJ begitu tiba di gerbang Kota Mekkah disambut dengan mukimin yang ada disana dengan memberikan makanan dan minuman kepada jamaah.

Kloter 08 BDJ gabungan dari Kotabaru 170 orang, Tanah Bumbu 140 orang dan Banjarbaru 45 orang, memang rata rata berumur 60 tahun keatas namun sampai saat ini masih dalam keadaan sehat.

Informasi dari TPHI kloter 08, DR H Ruslan Efendi melalui via telepon mengatakan, pemondokan yang di tempati jamaah kloter 08 gabungan Kotabaru, Tanah Bumbu dan Banjarbaru, dalam keadaan bagus dengan fasilitas yang lengkap.

"Semuanya serba ada untuk keperluan jamaah, bahkan pengering rambut pun ada di kamar mereka jadi tidak ada keluhan untuk saat ini semuanya menikmati fasilitas tersebut," ungkap H Ruslan.

Bahkan ada beberapa orang yang tua tua yang tadinya sewaktu berada di tanah air lemas namun ketika berada di tanah suci Mekkah mereka sangat kuat dengan semangat yang tinggi, bahkan menuju Masjidil Haram dengan berjalan kaki, jelasnya.









- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online