Minggu, 30 Agustus 2015

Visa Calon Haji Kotabaru Aman

Visa Calon Haji Kotabaru Aman

GEMA, PULAULAUT - Visa calon haji asal Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, sebanyak 170 orang yang tergabung dalam kelompok terbang delapan dinyatakan aman. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H Salman Basri di Kotabaru, Jumat mengatakan, visa calon haji kita aman dan sudah jadi dalam beberapa hari ini.

"Alhamdulillah calon haji Kotabaru semuanya bisa berangkat karena visanya sudah jadi, begitu juga dengan paspornya sudah jadi beberapa bulan lalu," jelasnya.

Salman menjelaskan, jamaah calon haji asal Kotabaru yang berjumlah 170 orang akan bergabung dengan jamaah asal Tanah Bumbu 140 orang dan Banjar Baru 45 orang dalam kelompok terbang (kloter) delapan yang akan diberangkatkan pada 12 September 2015.

Dari 170 orang, lanjut Salman, 16 orang diantaranya berusia lanjut usia dengan didampingi dua orang keluarganya.

Ia menambahkan, Biay Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) periode 1436 Hijriah ditetapkan sekitar Rp39 juta per orang.

"Kalau dilihat dari BPIH yang ditetapkan pemerintah sebenarnya ada penurunan biaya sekitar 52 dolar, tetapi karena kurs rupiah turun sehingga calon jamaah membayar sekitar Rp39 juta, hampir sama dengan BPIH periode 1435 Hijriah," demikian Salman.










- Sumber : AntaraKalsel.com
Indocement Gelar Festival Anak Sholeh

Indocement Gelar Festival Anak Sholeh

GEMA, SERONGGA - Sejak tahun 2005, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Pabrik Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru kembali menghelat Festival Anak Sholeh (Fas) tingkat kecamatan. Bahkan pelaksanaan itu, juga diikuti desa-desa lainnya diluar desa binaan.

Fas merupakan salahsatu dari rangkaian kegiatan HUT ke-40 Indocement, sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia.

Kegiatan ini mengikusertakan 16 desa sekitar yang terbagi dalam tiga zona dan Indocement bekerjasama dengan Takmir Masjid Ashshobirin Desa Tarjun Kepala Desa Langadai, Panitia Festival Anak Sholeh Desa Tegalrejo dan MTs Nurul Musthafa Desa Sungai Kupang.

Manager Indocement Tarjun, Achmadi mengatakan, kegiatan ini bersifat Mendidik dan Inovatif terutama untuk menumbuh-kembangkan kreativitas dan bakat dalam rangka peningkatan SDM.

"Peringatan HUT sebagai wadah silaturrahmi guna lebih meningkatkan hubungan baik dan harmonis yang telah terjalin selama ini antara perusahaan, karyawan dan masyarakat sekitar, dan HUT Ke-40 Indocement terlaksana dengan baik bahkan dimeriahkan oleh warga desa-desa binaan dan terbukti berbagai kegiatan telah digelar dan berjalan sesuai dengan yang diinginkan bersama," ungkapnya.

Ia pun, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menjalin hubungan baik dengan perusahaan sehingga produksi pabrik berjalan baik. Indocement telah 40 tahun berproduksi dan mohon do’a restu seluruh lapisan masyarakat agar produksi semen tiga roda terus lancar, harap Achmadi.

Ketua Panitia Pelaksana Fas Zona 1, Eddy Marhadi mengatakan, kegiatan ini untuk menggali bibit-bibit potensial agar siap berkompetisi dan berprestasi baik ditingkat daerah maupun tingkat nasional.

Jenis kegiatan yang diperlombakan antara lain untuk Tingkat SD dan SMP sederajat berupa Tartillil Qur’an, Puitisasi Terjemahan Al Quran, Pidato, Lukis kaligrafi, Cerdas Cermat Islam, Adzan, Peragaan Busana Muslim dan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Fas Zona 2, Suhartono menyampaikan, salahsatu tujuan digelarnya Fas adalah untuk mencetak SDM anak-anak pedesaan dengan bekal ilmu pengetahuan dan imtaq, pengembangan bakat seni baca tulis Al-Quran.

Selain itu, memacu semangat anak untuk cinta agama guna keseimbangan kemajuan zaman serta diharapkan sebagai filter prilaku dan antisipasi terhadap kenakalan remaja, pergaulan bebas dan pengaruh narkoba.

Ketua Panitia Pelaksana Fas Zona 3, Ahmad Berkati menyampaikan, kegiatan ini sebagai wadah silaturrahmi antar sekolah, silaturrahmi antar desa-desa sekitar dan lebih mendidik anak-anak agar lebih mengenal agama terutama menumbuh-kembangkan kreativitas dan bakat anak-anak sejak dini agar gemar baca Al-Qur’an terlebih memahami maknanya.

"Yang paling penting sebagai generasi penerus adalah mengamalkan ajaran agama Islam dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari”. Fas juga sebagai sarana untuk memacu semangat, meningkatkan pengetahuan dan kualitas seni baca juga fasih serta cinta Al Quran untuk dijadikan budaya hidup agar menjadi muslim yang baik”, tambah Ahmad.

Bukan hanya Fas, berbagai kegiatan juga digelar baik dilingkungan internal perusahaan maupun juga masyarakat sekitar operasional pabrik semen tersebut. Kegiatan bertemakan “Kokoh Terpercaya Membangun Negeri".

Dan juga digelar tablik akbar bersama Ustadz Muhammad Quresy Alaydrus di Masjid Darul Muttaqien Desa Tarjun dan di Lapangan Pasar Desa Langadai.










- Penulis : Humas ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Indocement Bangun Balai Desa

Indocement Bangun Balai Desa

GEMA, LANGADAI - Melalui pilar pembangunan sosial budaya dan infrastruktur, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocment) pabrik Tarjun, Kabupaten Kotabaru, kembali memberikan bantuan pembangunan renovasi balai desa di Desa Langadai. Dan masyarakat sekitar operasional dengan melaksanakan program CSR di desa binaan.

Kepala Desa Langadai, Eddy Marhadi mengatakan, sebelumnya Indocement telah membantu pembangunan sekolah TK dan Gedung Madrasah Diniyah Desa Langadai, dan kali ini Indocement kembali membantu pembangunan balai desa sebagai wujud nyata kepedulian perusahaan semen ber-merk tiga roda itu kepada masyarakat".

"Balai desa yang kami miliki kondisinya memang sudah tidak layak dan memprihatinkan untuk dipergunakan karena bangunan sudah lapuk, atap bocor dan lantai rusak, dan dengan adanya bantuan ini kami merasa sangat terbantu untuk keperluan warga" jelas Edy.

Management Indocement Pabrik Tarjun, Teguh Iman Basoeki mengatakan, perusahaan juga telah membantu pembangunan Balai Desa Cantung Kiri Hilir dan kini, tujuannya agar masyarakat dan aparat desa dapat memanfaatkan bangunan balai desa tersebut untuk kegiatan masyarakat, karena dari balai desa tersebut akan muncul adanya musyawarah mufakat dalam mensikapi bantuan-bantuan yang akan digulirkan sesuai UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa.

Teguh melanjutkan, selain bantuan pembangunan balai desa, program CSR Indocement Plant Tarjun yang telah dilaksanakan pada semester pertama tahun 2015, adalah, Pilar Pendidikan yaitu bea siswa dan anak asuh, lomba kreativitas siswa, pembangunan kantor kepala SDN sidomulyo, pembangunan ruang kelas TKIT darul hijrah, pembangunan pagar TK tegalrejo, pembangunan 2 ruang kelas TK langadai, bantuan lapangan olahraga SDN 1 Tarjun, pelatihan keterampilan, Training perikanan peternakan pertanian dan perkebunan.

Pilar Kesehatan yakni, pelayanan kesehatan disemua desa binaan, pemberian makan tambahan untuk anak guna hindari gizi buruk, donor darah, pembangunan MCK umum desa pulau panic, pemasangan paving blok untuk polindes tarjun, bantuan kendaraan angkut sampah, pengelolaan dan operasional sampah desa.

Dan Pilar Ekonomi, Pembinaan, Permodalan & Pelatihan untuk usaha kecil menengah (UKM), pembangunan 8 kandang unggas dan kambing, bantuan bergulir kambing dan sapi serta bantuan alat tangkap ikan nelayan”.

Selanjutnya, Pilar Sosial Budaya Agama dan Olahraga, yaitu bedah rumah warga Tarjun dan Langadai, bantuan renovasi Langgar Ar-Rahman Desa Serongga, perbaikan jalan utama Desa Tarjun dan Langadai, pembangunan parit Desa Tegalrejo dan Serongga dan Sidomulyo, perbaikan gorong-gorong dan drainase Desa Tegalrejo, semenisasi halaman Kantor Kecamatan Kelumpang Hilir dan Hulu.

Bhakti sosial, kegiatan keagamaan hari besar Islam festival anak sholeh di tiga tempat, pembangunan lapangan olahraga SDN Tegalrejo, pembangunan Masjid Quba Desa Pulau Panci, pembangunan rumah kaum dan perbaikan Langgar An-Nur Desa Cantung Kiri Hilir, pembangunan lapangan voli dan halaman Kantor Desa Cantung Kiri Hilir.

Sedangkan untuk Pilar Keamanan yakni, pembangunan pos kamling Desa Tegalrejo dan Desa Sidomulyo, training pemadaman kebakaran dan linmas tarjun," ungkap Teguh.

Seperti diketahui, Program CSR Indocement dilaksanakan dengan berpedoman pada program lima pilar pembangunan yaitu, pilar pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya agama dan olahraga, serta pilar keamanan.

Program tersebut diterapkan diseluruh lokasi usaha, baik di pabrik Citereup, pabrik Cirebon maupun pabrik Tarjun, serta seluruh terminal semen tiga roda.










- Penulis : Humas ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online