Anak Prasekolah Ikuti Pelaksanaan Manasik Haji

GEMA, PULAULAUT - Halaman Mesjid Khusnul Khatimah Kotabaru mendadak penuh sesak oleh ribuan anak anak prasekolah (PAUD) yang ada di Kotabaru, untuk mengikuti serangkaian tata cara pelaksanaan manasik haji.

Dari ribuan anak prasekolah dan guru pendamping tersebut di bagi menjadi beberapa kloter dalam pelaksanaan manasik haji layaknya orang dewasa, Sabtu, (21/11/2015).

Para anak anak tersebut melaksanakan tata cara pelaksanaan manasik haji dengan antusias walaupun dibawah sengatan terik mentari.

Walaupun tidak selengkap layaknya orang dewasa yang melaksanakan rukun Islam yang kelima, mereka juga mempraktekkan rangkaian kegiatan tersebut mulai dari keberangkatan meninggalkan tanah air hingga kembali ke tanah air.

Beberapa tempat juga harus dilalui anak-anak yang menjadi rute di halaman masjid, yakni berlari-lari kecil (sai) dari bukit Safa ke Marwah, wukuf di Arofah, mengambil batu kecil di Muzdalifah untuk dilontarkan di 3 tempat (Ula, Usta, dan Aqobah). Kemudian mencukur rambut (tahalul), berkurban, dan kembali ke tempat pelepasan jamaah untuk melakukan tawaf wada.

Kegiatan manasik haji anak prasekolah ini di ikuti lebih kurang 42 TK yang ada di Pulaulaut Utara, dan sudah menjadi momen tahunan, kata salah seorang panitia pelaksana.

Hal tersebut dilaksanakan untuk mengenalkan tata cara manasik haji sejak dini kepada anak anak, kemandirian dan mempererat silaturrahmi.










- Penulis : Sri Mariana - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar