Home » » IKK Lontar Bisa Layani 500 Pelanggan

IKK Lontar Bisa Layani 500 Pelanggan

Hak Cipta By : Gema Saijaan Posting Hari : Kamis, 13 Agustus 2015 Jam : 10:19:00 PM

GEMA, LONTAR - Untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat, pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru, kembali melakukan pembangunan IKK di Desa Gemuruh, Kecamatan Pulaulaut Barat, yang bisa melayani sekitar 500 pelanggan rumah tangga.

Dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru, pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru sudah melakukan pembangunan sembilan buah IKK.

IKK tersebut di bangun di lahan 40x40 meter persegi, terdiri dari bangunan perkantoran, pengolahan air bersih dan perumahan staf. Dan bisa melayani sekitar 500 pelanggan rumah tangga dengan kapasitas 10 liter per detik.

Direktur PDAM Kotabaru, Nooripansyah, menyampaikan, sudah ada sembilan pembangunan IKK termasuk di Lontar sekarang yangmana nantinya bisa memberikan pelayanan air bersih kepada 500 pelanggan rumah tangga.

"Memang kita sudah membangun sembilan IKK di beberapa kecamatan termasuk lontar dengan kapasitas 10 liter per detik dan nantinya akan kembali melakukan penambahan pembangunan IKK di kecamatan lainnya," ungkap Ipansyah.

Ia, menjelaskan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat mengenai pengaliran air bersih tersebut secara aktif dan pasif, dan menjaga bersama area bahan baku air bersih dengan membatasi aktifitas warga maupun perusahaan di sekitar area tersebut agar tidak terjadi pencemaran.

Ditambahkan S Wahyudi, Bidang Teknis PDAM Kotabaru, pembangunan IKK di Kecamatan Pulaulaut Barat tersebut dari tahun 2013 hingga 2014 dengan dana dari APBN dan APBD baik jaringan maupun pembangunan.

"Saat ini IKK di Lontar sementara hanya mengandalkan penangkapan aliran sungai saja dengan daya tampung 200 meter kubik dengan kapasitas 10 liter per detik atau bisa melayani 500 pelanggan rumah tangga," jelas Yudi.

Ditambahkan Yudi, pada tahun 2016 nanti pihak PDAM Kotabaru akan kembali membangun embung dengan kapasitas pengolahan 100 ribu kubik.

Instalasi Kota Kecamatan (IKK) tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Kotabaru, Irhami Ridjani, didampingi Direktur PDAM Kotabaru, Nooripansyah, Sabtu, (8/8/2015). dan sekaligus di lakukan sholat hajat bersama di lokasi IKK.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved