Home » » PT ITP Gelar Pelatihan Menjahit untuk Desa Binaan

PT ITP Gelar Pelatihan Menjahit untuk Desa Binaan

Hak Cipta By : Gema Saijaan Posting Hari : Sabtu, 02 Mei 2015 Jam : 12:31:00 AM

GEMA, TARJUN - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun Kotabaru, kembali memberikan pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang menjahit pakaian kepada warga desa-desa binaan, khususnya para usaha kecil dan ibu rumah tangga di sekitar lingkungan operasional perusahaan.

Departemen Head CSR Indocement Plant Tarjun, Teguh Iman Basoeki mengatakan ”PT Indocement melalui program CSR pada pilar pembangunan ekonomi membantu memberikan satu buah mesin jahit, mesin obras, mesin pelubang kancing dan mesin bordir. yang dihibahkan kepada Pemeritahan Desa Cantung Kiri Hilir untuk dikelola secara bergulir”.

"Memang pihak perusahaan telah memberikan fasilitas tersebut untuk penunjang kegiatan mereka dan pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya. Dengan harapan bisa dikelola dan dipelihara bersama sama," ungkap Teguh.

Pelatihan sendiri digelar di Kantor Desa Cantung Kiri Hilir Kecamatan Kelumpang Hulu, Kotabaru atau sebelah utara tambang quarry Indocement Plant Tarjun.

Instruktur Pelatihan, Jur Taylor Kotabaru menjelaskan, materi yang diberikan kepada peserta tentang pengoperasian dan perbaikan serta service mesin jahit jenis manual maupun listrik, mesin obras, pelubang kancing serta pengoperasian mesin bordir.

Selain itu mereka juga diajarkan cara menggunakan mesin dengan listrik karena pada umumnya para penjahit telah menggunakannya selain lebih cepat juga tidak lelah.

"Cara kerja mesin listrik ini tidak sulit dan para peserta cepat menyesuaikan diri, kalau pun listrik mati para penjahit kan bisa kembali dengan mesin manual," jelas instruktur.

Peserta dari RT.04 Desa Cantung Kiri Hilir, Maslinda mengatakan, sebelumnya kami mendapatkan pelatihan menjahit selama satu bulan mengenai dasar-dasar menjahit dan memotong dengan mesin manual, namun sekarang diajarkan dengan mesin jenis listrik.

"Hal ini sangat mudah, cepat serta tidak melelahkan, caranya juga mudah dipahami termasuk perbaikan dan service mesinnya hingga pengoperasian mesin bordirnya,” kata Maslinda.

Dan disisi lain Kepala Desa Cantung Kiri Hilir, Fitriansyah menyampaikan terima kasih atas digelarnya pelatihan menjahit untuk warga desanya.

”Sebelumnya, untuk menjahit pakaian, warga kami harus ke ibukota kecamatan yang berjarak 15 Km dari desa kami apalagi ketika musim anak sekolah seringkali warga direpotkan namun dengan adanya pelatihan tersebut tentu akan meringankan,” ujar Kades.

Fitri menyampaikan terima kasih kepada Indocement atas bantuan mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir satu set kepada warga Desa Cantung Kiri Hilir dan akan dikelola secara bergulir oleh Pemerintah Desa.

”Apresiasi pula kepada tim CSR Indocement dalam hal, pemilihan bakat warga untuk dididik menjadi keahlian dan usaha, sedangkan untuk pemasaran kami akan berusaha membantu UMKM Menjahit ini kepada para pihak pengusaha yang ada di desa” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Kegiatan ini merupakan realisasi Pilar Pendidikan dan Pilar Pembangunan Ekonomi, dua dari 5 pilar yang mendasari Program Bina Lingkungan sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Produsen semen merk tiga roda tersebut.

Perusahaan bertujuan memberikan pengetahuan praktis dan peluang-peluang usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan sekitar operasional perusahaan, terkhusus ekonomi yang terkait dengan usaha mikro atau usaha kecil dan berharap kemadirian tercipta dari kelompok UMKM tersebut.

Dan sebagai upaya untuk menciptakan unit-unit Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Desa Tarjun, Desa Langadai dan sekitarnya, serta aplikasinya kepada desa-desa binaan lainnya sekitar operasional pabrik untuk dikembangkan.

Pada hari yang sama masih berlangsung pelatihan menjahit untuk warga desa langadai Kec.Kelumpang Hilir, Kotabaru dan pelatihan digelar selama 1 bulan atau 90 jam.










- Penulis : Humas ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved