Home » » Ribuan Anak TK Kepanasan

Ribuan Anak TK Kepanasan

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Selasa, 13 Januari 2015 Jam : 11:20:00 PM

GEMA, PULAULAUT - Terik mentari yang menyengat membuat ribuan anak Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD kepanasan saat mengikuti pelaksanaan tata cara manasik haji, Selasa, (13/1/2015) pagi, di halaman Mesjid Raya, Kotabaru.

Pelepasan rombongan calon haji versi anak anak ini dilakukan oleh pihak Kemenag Kotabaru. Dan sebelumnya dilakukan ucapan terimakasih oleh pihak panitia pelaksana atas partisipasi pihak sekolah terutama guru dalam kegiatan manasik haji tersebut.  

Walaupun suasana panas namun 1052 orang anak-anak TK yang ada di Kecamatan Pulaulaut Utara dan TK dari Kecamatan Pulaulaut Timur, TK Kecamatan Kelumpang Hilir dan lainnya, tetap melaksanakan kegiatan manasik haji sesuai kloter masing masing yang diikuti oleh dua orang guru pendamping setiap kelompoknnya.

Setiap kloter di bagi menjadi beberapa kelompok dan satu kelompok diisi oleh 7 hingga 10 orang anak TK.
 
Nita, salahseorang guru pendamping TK Negeri Pembina Kotabaru mengatakan, memang suasananya panas hingga anak anak gerah kepanasan dan cepat haus, namun mereka tetap semangat dan kompak.

"Kami selaku guru pendamping saja kepanasan apalagi anak anak, tetapi melihat tingkah laku mereka yang lucu lucu jadi segar dan semangat," ujarnya tersenyum.

Layaknya manasik haji orang dewasa, mereka pun para anak anak prasekolah ini melaksanakan serangkaian kegiatan tersebut yaitu, membaca niat haji saat pelepasan di embarkasi dan mereka berjalan berkelompok dengan kedua tangan memegang pundak teman dimukanya hingga melakukan tawaf sebanyak tiga kali dan minum air Zam-zam.

Beberapa tempat lainnya juga harus dilalui oleh mereka yakni, berlari-lari kecil (sai) dari bukit Safa ke Marwah, wukuf di Arofah, mengambil batu kecil di Muzdalifah untuk dilontarkan di tiga tempat (Ula, Usta, dan Aqobah).

Kemudian mencukur rambut (tahalul), berkurban, dan kembali ke tempat pelepasan jamaah untuk melakukan tawaf wada. Dan rute tersebut semuanya berada di halaman mesjid dengan miniatur yang telah disiapkan panitia.

Serangkaian kegiatan tersebut sudah menjadi moment tahunan dari Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) yang bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk mengenalkan tata cara pelaksanaan manasik haji sejak dini kepada anak TK.

Hingga akhir pelaksanaan manasik haji acara berjalan lancar dan tertib. Dan nampak pejabat teras Pemkab Kotabaru juga hadir.

Setelah usai melaksanakan tugasnya mereka para guru pendamping masing masing TK bersama anak didiknya beristirahat dan menikmati snack yang telah disiapkan tiap sekolah. Dan bukan hanya itu nampak orangtua murid pun membawa bekal dan makan bareng.












- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved