Jumat, 14 November 2014

Rudy Tutup MTQ Sungai Durian

Rudy Tutup MTQ Sungai Durian

GEMA, SUNGAIDURIAN -  Suasana ramai penuh sesak setiap malamnya di Kecamatan Sungai Durian, Kotabaru, kini mendadak sepi kembali. Hal tersebut di karenakan ribuan kafilah kembali ke kampung halaman masing masing setelah usai pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) nasional ke-46 di Kecamatan Sungai Durian, yang ditutup secara resmi oleh wakil Bupati Kotabaru, H Rudy Suryana, Selasa malam.

Pelaksanaan yang berlangsung selama lima hari dari tanggal 7-11 Nopember 2014 tersebut berjalan sukses hingga akhir.

Wakil Bupati Kotabaru, H Rudy Suryana, dalam sambutannya mengatakan, kita semua adalah menjadi pemenang dan MTQ kali ini menjadi inspirasi kita semua sebab semua suku, agama, dan golongan, berbaur menjadi satu bersama sama membangun keharmonisan.

"MTQ bukan hanya dilihat dan di dengar saja namun menjadi pelajaran buat semuanya," pesan Rudy.

Ditambahkan ketua umum LPTQ, H Hasby M Tawab, diharapkan dengan adanya MTQ ini agar masyarakat lebih gemar membaca dan mengamalkan Al-Qur'an.

Peserta yang belum berhasil agar tetap terus untuk belajar dan yang berhasil terus meningkatkan prestasinya jangan hanyut dengan prestasi yang diperoleh sekarang, sebab harus mempersiapkan diri untuk MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Balangan nanti, pesan Hasby dalam sambutannya.

Masih kata Hasby, nantinya pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten akan dilaksanakan satu kali di kecamatan dan satu kali di kabupaten, hal tersebut sesuai dengan hasil rapat kerja daerah LPTQ.

Sekedar diketahui bahwa pelaksanaan MTQ dilakukan di tiga tempat yaitu, panggung utama halaman kantor camat Sungai Durian, SMKN Sungai Durian, dan Mesjid Asy-Syafaah, semuanya berada di Desa Manunggul Lama, Sungai Durian.

Dalam pelaksanaan penutupan MTQ tersebut panitia hanya menampilkan rabbana perpisahan dan pildacil, tentu berbeda saat pembukaan disuguhkan tarian klosal lembah meratus. Namun hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan acara.

Hingga akhir pengumuman dewan hakim, maka diputuskan bahwa Kecamatan Pulaulaut Utara sebagai juara umum daerah dan juara umum perorangan Herman Prasetio, S. Ag, asal Kecamatan Sungai Durian. 










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
MTQ Ke-46, Zaenal Teteskan Airmata

MTQ Ke-46, Zaenal Teteskan Airmata

GEMA, SUNGAIDURIAN - Selama lima hari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) nasional ke-46 tingkat Kabupaten Kotabaru, dari tanggal 07-11 Nopember 2014 di Kecamatan Sungai Durian berjalan sukses. Hal ini membuat Camat Sungai Durian, Zainal Abidin meneteskan airmata saat sambutan penutupan MTQ, Selasa, (11/11/2014) malam.

Dalam kenyataannya semua orang banyak menghawatirkan tentang air yang ada di Sungai Durian dan fasilitas lainnya disamping beragam suku, agama dan golongan yang ada di daerah tersebut, namun pada kenyataannya semuanya berjalan dengan lancar, kata Zainal.

"Masyarakat disini walaupun berbeda kepercayaan tetapi mereka antusias untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ tersebut. Dan semua elemen bersatu saling bahu membahu bahkan para pendeta terlibat dalam kepanitian," ungkap camat.

Selain itu perusahaan setempat ikut berpartisipasi dengan penyaluran air bersih melalui mobil tanki ke rumah rumah yang di huni oleh para kafilah.

Masih kata Zainal, kerukunan umat beragama di Sungai Durian ini hidup berkembang dengan dinamis, mereka melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan dan kenyakinan masing masing namun dalam hal kegiatan sosial sama, baik umat muslim maupun umat kristiani.

"Jangan sampai Sungai Durian jalan ditempat untuk pembangunan daerah walaupun berbeda suku, agama dan golongan, namun justru semua itu menjadi modal dasar untuk membangun desa mereka," pesan Zainal.

Hingga akhir pelaksanaan MTQ ke-46 di panggung utama halaman kantor camat Sungai Durian berjalan lancar dan sukses.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online