Minggu, 02 November 2014

Lima Jam Perjalanan Rombongan Haji Tiba di Jeddah

Lima Jam Perjalanan Rombongan Haji Tiba di Jeddah

GEMA, JEDDAH - Perjalanan panjang dan melelahkan menuju Jeddah, membuat 317 haji asal Kotabaru, Tanah Bumbu, dan Barito Kuala, kecapean. Sebelumnya mereka di berangkatkan dari Madinah pukul 11 WAS, empat jam lebih perjalanan yang ditempuh akhirnya pukul 16.30 WAS, rombongan haji tiba di Jeddah.

Dalam keadaan lelah dan letih, rombongan haji langsung memasuki kamar untuk istirahat. Namun sebelumnya dilakukan pembagian kamar baik yang ada di lantai I maupun lantai II, Hotel Sultan Palace Suites Jeddah.

Rencananya rombongan haji setelah beristirahat, pagi hari akan melakukan ziarah ke laut merah dan mesjid terapung, kata Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), Kotabaru, H Julkifli, Sabtu kemarin via telepon.

"Setiap kamar diisi oleh enam orang dan ada yang sembilan orang, hotelnya bagus dan bersih," ungkap Julkifli.

Ditambahkan ketua kloter, H Ahmad Kamal, Setelah jamaah memasuki kamar masing masing, kami kembali  melakukan pengecekan tiap kamar jamaah haji baik yang ada di lantai I maupun lantai II, untuk memastikan bahwa semuanya beres.

Diakui Kamal, sewaktu kedatangan rombongan haji kita pukul 16.30 WAS, di Hotel Sultan Palace Suites, Jeddah ini, kita langsung di suruh memasuki kamar padahal jamaah dalam keadaan letih. Dan setelah melalui proses akhirnya semua beres.

"Itulah bedanya Jeddah dengan Mekkah dan Madinah, karena semua serba cepat dan padat. Dan itu semua disebabkan jamaah haji hanya satu hari saja berada di kota Jeddah, intinya ada yang keluar dan ada yang masuk untuk kembali ke tanah air masing masing," jelas Kamal.

Masih kata Kamal, 317 jamaah haji kita, gabungan Kotabaru, Tanah Bumbu, dan Barito Kuala, harus lebih awal tujuh jam berada di bandara sebelum keberangkatan untuk proses pemeriksaan. Dan rencananya rombongan haji kloter 09 BDJ akan di berangkatkan dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah pukul 00.05 WAS, menuju tanah air.

Disinggung masalah kesehatan jamaah haji, TKHD (Tim Kesehatan Haji Daerah) Kotabaru, Dr M Edy Suprayitno, mengatakan "Rata rata kesehatan jamaah haji semuanya baik, namun ia tidak menampik bahwa memang masih ada jamaah yang batuk dan filek," terangnya.

Ia, menjelaskan, bahwa saat perjalanan dari Madinah ke Jeddah, cuaca sangat dingin hingga dianjurkan kepada jamaah untuk menggunakan kaos kaki dan pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh mereka. Dan pada umumnya semua baik baik saja, harapan kita hingga kepemulangan ke tanah air nanti tetap sehat, ujar Edy.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Kloter 09 BDJ Tinggalkan Madinah

Kloter 09 BDJ Tinggalkan Madinah

GEMA, MADINAH - Tak terasa delapan hari sudah rombongan kloter 09 gabungan Kotabaru, Tanah Bumbu, dan Barito Kuala, berada di kota Madinah, dan sudah melaksanakan arbain 40 waktu. Kini mereka harus meninggalkan kota Madinah menuju Jeddah, Sabtu, (1/11/2014) pagi pukul 9 Waktu Arab Saudi (WAS).

Selama berada di kota Madinah, 317 haji kloter 09 tersebut mendapatkan bonus arbain satu waktu hingga menjadi 41 waktu.

Dikatakan ketua kloter, H Ahmad Kamal "Memang, delapan hari berada di Madinah, kita mendapatkan bonus arbain satu waktu pada subuh hingga menjadi 41 waktu. Dan kami pun tak henti hentinya selalu mengingatkan kepada jamaah untuk tidak membawa barang, seperti senjata tajam, air zam zam dan lainnya di dalam koper sebab nanti akan di bongkar petugas dan menghambat keberangkatan," ujarnya.

Selain itu Kamal, juga memeriksa setiap kamar jamaah untuk memastikan tidak ada barang bawaan yang tertinggal. Dan diingatkan agar dokumen dokumen penting jangan di buat di tas koper, namun melainkan di taruh di tas kecil saja.

"Sebelum keberangkatan kami melakukan sholat berjamaah terlebih dulu, agar semuanya, baik diperjalanan nanti maupun proses pemeriksaan tidak ada halangan hingga selamat sampai tujuan. Dan kami mohon doa untuk semuanya." pinta Kamal.

Terkait kesehatan jamaah, Dr M Edy Suprayitno, memaparkan, bahwa mayoritas keadaan jamaah semuanya sehat, dan memang  masih ada yang memeriksakan ke posko kesehatan, seperti batuk filek dan kontrol tekanan darah.

"Hanya beberapa orang saja lah yang memeriksakan diri ke posko kesehatan, namun kami selalu mengontrol dan memantau keadaan kesehatan jamaah terutama yang resti (Resiko tinggi)," ungkap Edy.









- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Rahman dan Hana Jadi Duta Wisata Saijaan 2014

Rahman dan Hana Jadi Duta Wisata Saijaan 2014


GEMA, PULAULAUT -  Setelah melalui proses panjang untuk menentukan siapa yang berhak menjadi Duta Wisata Saijaan 2014, pihak Disporabudpar Kotabaru, melalui juri yang ditunjuk sesuai bidang masing masing akhirnya menetapkan, Rahman Nor Fadli dan Hanna Fardilla sebagai Duta Wisata Saijaan 2014, dan akan menjadi wakil Kotabaru di ajang Nanang dan Galuh (NAGA) di Banjarmasin.

Perlu diketahui bahwa proses pemilihan Duta Wisata Saijaan 2014, ini mulanya diikuti oleh 62 peserta dari berbagai pelajar dan umum. Hingga hanya 12 peserta yang tersisa dan langsung dilakukan karantina terhadap mereka.

Penantian 12 finalis Duta Wisata Saijaan 2014 akan pengumuman siapa yang menjadi pemenang akhirnya tiba, Sabtu, (1/11/2014) malam, di gedung Parisbarantai, dan suasana ruangan bahkan halaman Paris pun penuh sesak hingga tengah malam, menungggu hasil pengumuman dari dewan juri tersebut.

Hanya satu pasangan yang akan menjadi Duta Wisata Saijaan 2014, dari enam pasangan yang terpilih. Dan akhirnya Rahman Nor Fadli, asal sekolah STIKIP Kotabaru, bersama Hanna Fardilla, asal sekolah SMKN 1 Kotabaru, dinyatakan sebagai Duta Wisata Saijaan 2014.

Sedangkan untuk M Asrorri Al Fakih, dari umum sebagai runner up I, Abdurrahman, dari SMAN 1 Kotabaru, runner up II, Rolly Roysandi, asal MAN Kotabaru, runner up III, M Rahim, asal MAN Kotabaru, runner up IV, dan Belgie Daffa Racsel Kartika, asal SMAN 1 Kotabaru, runner up V.

Selanjutnya, Putri Chari Nurmadina,asal SMAN 2 Kotabaru, runner up I, Selvia Maharani, asal SMAN 1 Kotabaru, runner up II, Fenny Nadila Ramadhaniah, asal SMAN 1 Kotabaru, runner up III, Putri Jessica Fujianti, asal SMAN 1 Kotabaru, runner up IV, dan Mega Fatmawati, asal SMAN 2 Kotabaru, runner up V.

Ada pun enam juri yang melakukan penilaian untuk peserta Duta Wisata Saijaan 2014, yaitu, H Mahmud Dimyati (Bidang kepariwisataan), Anhar Rozi (Bidang pemerintahan), Noor Aneka Lindawati (Bidang sejarah banjar), Candra Hartono (Bidang keperibadian dan manner), Firhansyah (bidang kesenian dan budaya banjar), Misdayamanti (Bidang bahasa inggris).

Selain enam juri tersebut, hadir pula Cheff Agus Sasirangan, sebagai juri tamu, (Bidang ekonomi kreatif)..

Hingga akhir pelaksanaan, acara berjalan lancar dan tertib. Dan para peserta bersama keluarga dan teman nampak berphoto bersama mengabadikan moment tersebut.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online