Senin, 20 Oktober 2014

LPTQ Kotabaru Lakukan Pembinaan Panitia Kecamatan

LPTQ Kotabaru Lakukan Pembinaan Panitia Kecamatan

GEMA, SUNGAI DURIAN - Beberapa hari lagi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2014, akan di gelar di Kecamatan Sungai Durian. Dan untuk suksesnya pelaksanaan acara tersebut pihak LPTQ Kotabaru melakukan pembinaan terhadap panitia tentang tata cara pelaksanaannya.

Hal ini dikatakan H M Ruslan, selaku Litbang LPTQ Kotabaru, "Memang selama dua hari LPTQ melakukan pembinaan kepada panitia pelaksana kegiatan di Kecamatan Sungai Durian sebagai tuan rumah. Diantaranya tata cara pembawa acara dan yang lainnya," katanya baru baru tadi.

"Jujur pihak LPTQ kagum akan persiapan yang dilakukan panitia, baik itu pembenahan jalan, persiapan penginapan kafilah juga sarana lainnya. Dan intinya camat bersama warga disana sangat kompak bekerjasama untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ nanti dan diperkirakan sekitar 80 persen persiapan sudah mereka lakukan," ungkap Ruslan.

Selain itu kata Ruslan, panitia MTQ tahun ini bisa di bilang unik, pasalnya lima orang pastur ikut berpartisipasi, namun hanya sebatas kepanitian saja dan ini baru pertama kalinya dari non muslim bekerjasama dalam pelaksanaan moment tahunan tersebut.

Bahkan nantinya saat pelaksanaan warga Sungai Durian, akan menyuguhkan berbagai macam kebudayaan suku dayak melalui pameran yang akan digelar. Dan pemotongan satu ekor sapi untuk syukuran.

Sekedar diketahui bahwa warga Kecamatan Sungai Durian, mayoritas penduduknya adalah non muslim. Namun keakraban dan kerukunan beragama disana cukup tinggi.

Rencananya pelaksanaan MTQ tersebut akan berlangsung selama lima hari, di mulai dari tanggal tujuh Nopember mendatang dan akan dibuka langsung oleh bupati Kotabaru.

Informasi yang di dapat bahwa MTQ tahun ini ada pengurangan cabang yang akan dilombakan, diantaranya, Rabbana, Naskah Quran dan Administrasi TPA.












- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Sungai Durian Berbenah Diri

Sungai Durian Berbenah Diri

GEMA, SUNGAI DURIAN - Mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ nasional tingkat Kabupaten Kotabaru, Nopember nanti, Kecamataan Sungai Durian, Kotabaru, mulai melakukan pembenahan sarana dan prasarana untuk menyambut kedatangan para khafilah.

Rencananya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional tingkat kabupaten Kotabaru tersebut akan di gelar pada tanggal tujuh Nopember mendatang.

Zainal Abidin, selaku Camat Sungai Durian, mengungkapkan sudah melakukan pendataan perumahan penduduk dan bantuan pihak perusahaan setempat dalam menyambut kedatangan para kontingen nanti, katanya Jumat kemarin.

"Insyaallah, kami masyarakat Sungai Durian sudah siap menyambut datangnya kontingen 21 kecamatan untuk berlaga di tempat ini," ujar Zainal.

Terkait dengan persiapan MTQ tingkat kabupaten nanti, ia sudah berkoordinasi dengan aparat desa dan tokoh masyarakat untuk lokasi pelaksanaan dan penginapan para khafilah, bahkan pihak perusahaan setempat siap membantu untuk perbaikan jalan dan air bersih, ungkapnya. .

Sekedar diketahui Kecamatan Sungai Durian mempunyai tujuh desa dengan ibukotanya Manunggul Lama, siap menjadi tuan rumah yang baik dalam event tahunan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2014.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online