Jumat, 15 Agustus 2014

Pemkab Kotabaru Berikan Bantuan Alat Cetak Sawah

Pemkab Kotabaru Berikan Bantuan Alat Cetak Sawah

GEMA, PULAULAUT TENGAH - Masyarakat tani Desa Mekarpura, Kecamatan Pulaulaut Tengah Kotabaru, dapatkan bantuan peralatan cetak sawah dari pemerintah Kotabaru, Kamis, (14/8/2014). dalam acara penanaman padi perdana oleh bupati dan rombongan.

Acara dihadiri Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, Dandim 1004 Kotabaru, Kepala Dinas Pertanian Ir Khairudin, Camat Pulaulaut Tengah Hairiyan Anshari dan Tokoh agama, Tokoh masyarakat serta Masyarakat kelompok tani.

Camat Pulau Laut Tengah Hairiyan Anshari, mengucapkan terima kasih kepada bupati Kotabaru dan pemerintah daerah yang telah memberikan bantuan alat cetak sawah.

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru H Irhmai Ridjani, mengatakan, pada kesempatan ini saya serahkan bantuan pertanian berupa Hand Traktor, Power Threser, penggilingan padi, terpal dan bibit tanaman durian.

Irhami berharap, para petani maupun para pelaku usaha tani agar mampu menggarap lahan pertanian ini dengan baik dan dengan sungguh-sungguh demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan dan membangun kemajuan pertanian secara berkesinambungan.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pertanian Ir Khairudin, menjelaskan, dari bantuan yang diserahkan yaitu alat cetak sawah tahun 2014, berupa : perluasan lahan sawah seluas 500 Hektar untuk tujuh kelompok tani, dan untuk kelompok tani jaya bersama Desa Mekarpura Kecamatan Pulaulaut Tengah seluas 50 Hektar dengan nilai sebanyak Rp 513.000.000.

Hand traktor dan power threser sebanyak 33 unit dan hand sprayer sebanyak 33 unit, penggilingan padi sebanyak lima unit, power thereser sebanyak 20 unit dan pengering sebanyak satu unit, terpal sebanyak 146 buah.

Selain itu juga diberikan bibit tanaman Durian untuk dua orang sebanyak 3000 batang.












- Penulis : Humas / Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Bupati dan Kodim Lakukan Penanaman Padi

Bupati dan Kodim Lakukan Penanaman Padi

GEMA, PULAULAUT TENGAH - Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan membangun kemajuan pertanian, Bupati Kotabaru, H Irhami Ridjani dan Kodim 1004 yang diwakili Kasdim 1004, Mayor Infantri Irham Yunus bersama kelompok tani setempat melakukan penanaman padi perdana dilahan cetak sawah 500 Ha di Desa Mekarpura Kecamatan Pulaulaut Tengah, Kotabaru, Kamis (14/8/2014).

Ucapan selamat datang disampaiakan oleh Camat Pulaulaut Tengah, Hairiyan Ansyari kepada bupati dan rombongan “Kegiatan hari ini merupakan wujud nyata bupati Kotabaru terhadap masyarakat dan pertanian dan terimakasih atas pemberian bantuan alat cetak sawah terhadap para kelompok tani di wilayahnya".

Bupati Kotabaru, H Irhami Ridjani dalam sambutan nya menyampaikan “bahwa sektor pertanian sebagai sektor prioritas yang memberikan kontribusi yang penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk di Kabupaten Kotabaru.

Mengingat hal itu, maka berbagai langkah dan upaya yang tepat tentu harus terus dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian, dalam rangka mendukung ketahanan pangan berkelanjutan dan untuk dapat mencapai target nasional SURPLUS 10 juta ton gabah kering giling, jelas Irhami.

Ia pun berharap kepada petani maupun pelaku usaha tani agar mampu menggarap lahan pertanian ini dengan baik dan sungguh-sungguh demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan dan pembangunan dalam kemajuan pertanian yang berkesinambungan.
 
Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Ir Hairuddin, "Ia mengajak dan menyarankan sebagai mana program pemerintah untuk mengembangkan pangan lokal dan alternatif sumber karbohidrat.

Lebih luas diungkapkan Hairuddin, bahwa kegiatan ini dari pemerintah pusat yang disebarkan kepada masyarakat di daerah oleh pemerintah daerah, dalam meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi konsumsi beras dengan alternatif sumber karbohidrat lain.

Acara ini dirangkai dengan penyerahan alat bantu cetak sawah dari pemerintah Kabupaten Kotabaru kepada masyarakat tani di Desa Mekarpura











- Penulis : Humas / Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online