Selasa, 01 Juli 2014

Pasar Wadai Ramadhan 1435 H Resmi Dibuka

Pasar Wadai Ramadhan 1435 H Resmi Dibuka

GEMA, PULAULAUT - Pembukaan pasar wadai Ramadhan 1435 Hijriah yang bertempat di depan pasar Limbur Raya dihadiri Bupati Kotabaru dan Ibu Bupati, Ketua DPRD, Setda, Kemenag, Ketua Kejaksaan Forkopinda, Perbankan dan unsur Muspida.

Adapun jumlah pedagang yang ikut menyemarakkan pasar Ramadhan tahun ini sebanyak 71 buah.

Kepala bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, membenarkan memang ada 71 pedagang yaitu, pedagang wadai 50 buah, pedagang ikan masak 15 buah, kurma dan es 6 buah.

Sebelumnya acara dibuka dengan tarian selamat datang “Radap Rahayu” dilanjutkan sambutan ketua pelaksana yaitu kabid Pariwisata pada Disporabudpar yang mengatakan bahwa kebahagian tersendiri bagi kita karena kita bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan tahun ini”.

Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani dalam sambutannya menyampaikan, di bulan yang penuh rahmat dan magfirah memberikan kesempatan untuk kita memperbanyak amal ibadah dan saling menghargai dan menghormati dengan tidak makan di sembarang tempat.

Irhami, juga menyambut baik dengan adanya pasar wadai ini dalam menggerakkan ekonomi masyarakat lokal dimana digelar disetiap daerah di Indonesia termasuk di Kotabaru.

“mudah mudahan pasar wadai seperti ini dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kotabaru, asal dikemas secara baik dalam wisata kuliner untuk kalender tahunan serta ini merupakan pelestarian kekayaan kuliner,” harap Irhami.

Selanjutnya pemukulan gong oleh Ketua DPRD Kotabaru H Alfidri Supiannoor dan pelepasan balon oleh ibu Bupati Sri Maria Ningsih Irhami, yang juga ketua TP PKK Kab. Kotabaru. Pertanda pasar wadai Ramadhan 1435 H resmi dibuka Minggu, (29/06/2014).

Acara ditutup dengan tarian tempurung yang disajikan oleh yayasan pustaka saijaan, dan bupati beserta jajarannya  menyempatkan untuk melihat langsung jajanan yang dijual di pasar wadai tersebut.










- Penulis : Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Indocement Bersih-Bersih Masjid

Indocement Bersih-Bersih Masjid

GEMA, TARJUN - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1435 H/ 2014 M, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Plant Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir, Kab.Kotabaru mengadakan Kerja Bakti terutama pembersihan masjid-masjid / langgar di desa-desa binaannya dengan lokasi di desa Tarjun dan desa Langadai.

Selain, Tim CSR Indocement pabrik tarjun, kegiatan sosial ini mengikutsertakan jajaran Pimpinan Tinggi Indocement, Serikat Pekerja Indocement unit kerja tarjun, Ikatan Manajemen Indocement (IMI), karyawan berbagai lini serta Kepala desa dan masyarakat.

Menurut Direktur SDM Indocement, Kuky Permana “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kebersamaan antara Indocement dengan masyarakat sekitar dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, dan serentak dilaksanakan di Pabrik Indocement Citeureup-Bogor, Pabrik Indocement Cirebon-Jawa Barat dan Pabrik Indocement Tarjun Kotabaru-Kalsel.

Section Head CSR Indocement Tarjun, Yanuar Arif menyampaikan, pada tahun ini kembali management Indocement, karyawan beserta masyarakat desa melaksanakan kegiatan gotong royong ketempat-tempat ibadah sekitar operasional perusahaan, adapun sarana ibadah tersebut adalah masjid dan langgar terutama Masjid Baiturrahman desa Langadai dan Langgar Misbahussdur desa Tarjun.

Kegiatan ini guna menyambut bulan suci ramadhan 1435 H/ 2014 M sekaligus memeriahkan HUT ke-39 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.Dan kegiatan ini bertujuan menjalin hubungan yang harmonis Management, Karyawan dan masyarakat desa binaan, serta menggalang rasa kebersamaan, kepedulian perusahaan kepada tempat ibadah yang berada disekitar operasional perusahaan dalam hal kebesihan tempat ibadah, ungkap Arif.

Dan tahun ini Indocement telah memberikan bantuan kepada Masjid darul Muttaqien Desa Tarjun. Selain itu, Indocement melalui program CSR telah bantu bangun sarana sosial, pendidikan, infrastruktur dan juga telah memberikan bantuan material bahkan renovasi beberapa Masjid dan Langgar desa-desa binaan di Kecamatan Kelumpang Hilir dan Kelumpang Hulu.

Beberapa Masjid tersebut diantaranya, Masjid Nurul Iman, Masjid Raudhatul Jannah, Masjid Al Muhajirien, Masjid Nurul Islam, Masjid Baiturrahman, Masjid Al Mustqiem, Langgar Al Hijrah, Langgar Darul Hasanah, Langgar Misbahussudur, Langgar At- Taqwa, Langgar Al Muttaqien, Langgar Darul Hijrah dan Langgar Barokatul Iman. Dan bantuan lainnya untuk kegiatan keagamaan adalah tablik akbar, festival anak sholeh, lomba santri, bantuan dana untuk kegiatan hari-hari besar keagamaan dan lainnya.

Pengurus Masjid Baiturrahman Desa Langadai, Haji Abdul Hasim menyampaikan, kondisi Masjid Baiturrahman Desa Langadai masih punya kekurangan berupa, keramik untuk teras masjid, dan masjid ini cukup besar namun jamaahnya sangat banyak hingga sebagian besar juga berada diluar maka dari itu tambahan pembangunan atap untuk teras yang diperuntukan Jamaah yang diluar.

"Saya bangga masjid kami dibersihkan oleh karyawan-karyawan perusahaan Indocement secara gotong royong dan juga dalam suasana yang harmonis serta ceria antara mereka dengan warga desa,” ujar Hasim.

Hasim berharap kegiatan sosial seperti ini terus berlanjut dilakukan oleh Management perusahaan Indocement agar kebersihan rumah ibadah kita menjelang puasa Ramadhan ini menjadi indah, selain itu menambah keakraban antara perusahaan dengan masyarakat.

Disi lain Kepala Desa Tarjun, Sahrani mengatakan, kami selaku pemerintah Desa Tarjun mengapresiasi kegiatan gotong-royong yang dilaksanakan management Indocement Tarjun beserta karyawan perusahaan semen yang peduli lingkungan sekitarnya, apalagi suasana keakrabannya dengan masyarakat desa begitu harmonis sebuah potret yang indah, semoga kegiatan ini kiranya dapat diagendakan tak hanya menjelang ramadhan tetapi pula dapat dilakukan secara rutin.

"Kalau bisa tiga kali setahun untuk tempat ibadah dan tiga bulan sekali untuk kebersihan lingkungan sekitar yang telah berjalan selama ini terus berlanjut sehingga lebih mendekatkan perusahaan dengan masyarakat dalam keakraban,” harapnya.

Dijelaskan, Sahrani, Indocement telah memberikan bantuan dana setiap tahun kepada Masjid Darul Muttaqien Desa Tarjun, dan tahun ini kita sedang melakukan renovasi lantai, atap dan kubah masjid dibantu Indocement dan kami ucapkan terima kasih, semoga produksi semen terus lancar, Amiin.

Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya Indocement selalu bersama masyarakat menyongsong bulan ramadhan dengan berbagai kegiatan serta bantuan khususnya untuk masjid / mushola. Disamping bebersih dan memperindah masjid/mushola, sebagai sosialisasi kepada masyarakat juga dilakukan  pembuatan dan penanaman biopori di sekitar lingkungan masjid/mushola sebagai media resapan air dan penanganan sampah.












- Penulis : Humas PT ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online