Rabu, 18 Juni 2014

Bupati Sampaikan Rancangan KUA dan PPAS Perubahan APBD 2014

Bupati Sampaikan Rancangan KUA dan PPAS Perubahan APBD 2014



GEMA, PULAULAUT - Setelah melaksanakan Apel gabungan dalam rangka peringan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2014. Bupati Kotabaru H. Irhami Ridjani, kembali hadiri rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru Senin, (16/6/2014) untuk penyampaian Rancangan KUA dan PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2014.

Sidang paripurna DPRD Kotabaru tersebut masa persidangan II rapat ke-8 tahun sidang 2014, yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru H Alpidri Supiannoor.

Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Seketaris Daerah, Asisten, Staf Ahli Bupati dan Forkopinda, Pengadilan Negeri Kotabaru, Pengadilan Agama Kotabaru, serta anggota DPRD.

Penyampaian Rancangan KUA dan PPAS Perubahan tahun anggaran 2014 oleh bupati itu berisikan, "Kebijakan pendapatan Kabupaten Kotabaru tetap diarahkan untuk optimalisasi penerimaan pendapatan daerah dan peningkatan pelayanan administrasi pemungutan pendapatan asli daerah yang efesien, efektif dan taat pada ketentuan yang berlaku dan kotabaru akan mendapatkan investasi inpres dari pulau lari-larian".

Setelah penyampaian rancangan maka diserahkan kepada salah satu anggota dewan yaitu Drs H Firman untuk selanjutnya dilakukan pembahasan sesuai aturan dan mekanisme di DPRD.










- Penulis : Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Stand Pedagang Sedot Pengunjung

Stand Pedagang Sedot Pengunjung



GEMA, PULAULAUT - Halaman Siringlaut yang menjadi tempat Pameran Pembangunan dan Expo Saijaan 2014 dalam rangkaian hari jadi Kotabaru ke 64, ternyata stand pedagang bisa menyedot pengunjung lebih banyak dari stand pembangunan oleh SKPD.

Sejak dibuka secara resmi oleh Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, Minggu, (8/6/2014) sore, warga Saijaan langsung memadati stand pedagang untuk mencari barang barang yang mereka perlukan, karena harga yang murah.

Barangnya bagus bagus dan harganya murah lagi, kata Sri salah seorang pengunjung.

"Saya mulai berkunjung dari jam Empat sore agar tidak berjejal eh ternyata stand pedagang sudah penuh sesak, tapi rela berjejal lah untuk mendapatkan barang yang diinginkan," ujar Sri. 

Banyaknya pedagang dadakan tahun ini hingga panitia pelaksana Saijaan Expo hanya bisa memberikan tempat kepada 175 pedagang saja, sedangkan yang lainnya menggelar dagangan mereka di badan jalan depan gedung DPRD Kotabaru bahkan trotoar pun penuh dengan lapak pedagang.

Hingga jelang penutupan Pameran Pembangunan Expo Saijaan 2014, Rabu, (18/6/2014) stand pedagang tak kunjung sepi namun sebaliknya lebih padat hingga pengunjung harus berjejal.













- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Bupati Berikan Penghargaan Adiwiyata Kepada Sekolah Terbaik

Bupati Berikan Penghargaan Adiwiyata Kepada Sekolah Terbaik



GEMA, PULAULAUT - Apel gabungan setiap Senin seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah, dirangkai dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Yangmana Bupati Kotabaru Irhami Ridjani memberikan penghargaan Adiwiyata 2014 kepada sekolah terbaik.

Penghargaan Adiwiyata tahun 2014 tersebut diserahkan kepada SMAN 2 Kotabaru, SDN 1 Stagen, SMPN 5 Kotabaru. Juga diberikan peraih penghargaan sebagai desa rintis kepada Dua desa yaitu Kepala Desa Gedambaan dan Kepala Desa Sarang Tiung.

Adapunn Sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata tinggi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan meraih juara ketiga yaitu SMAN 2 Kotabaru.

Sekedar diketahui penghargaan Adiwiyata sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Adapun penilaian Adiwiyata sendiri terdiri dari Empat kriteria yaitu, pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan berbasis lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis positif, pengolahan dan perkembangan sarana pendukung sekolah.

Pelaksanaan ini dirangkai dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni dan apel gabungan tersebut langsung dipimpin oleh Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, di halaman kantor bupati.

Tema yang diambil untuk peringatan Hari lingkungan Hidup Sedunia yaitu satukan langkah, lindungi ekosistem pesisir, dan dampak perubahan bumi.

Dalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya M.B. A yang dibacakan Irhami, "Tema yang diambil sangat relevan dengan negara kita sebagai negara kepulauan yang kaya akan biota lautnya atau disebut juga Marine Mega Biodiversity. Potensi tersebut harus dioptimalkan untuk kemakmuran rakyat serta terus dilestarikan dan dilindungi dari kerusakan”.

“Peringatan hari lingkungan hidup tahun 2014 diharapkan menjadi momentum pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup secara konsisten dengan komitmen yang lebih tinggi,” jelasnya.










- Penulis : Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online