Rabu, 23 April 2014

SMAN 2 Tanam Pohon Langka

SMAN 2 Tanam Pohon Langka

GEMA, PULAULAUT - Peringatan hari ulang tahun ke 15 sekolah menengah atas dua Stagen, pada 22 April 2014 diisi dengan penanaman jenis pohon langka, diantaranya ulin dan meranti dilingkungan sekolah. Dalam rangka memperingati hari bumi.

Sebelumnya acara peringatan ini diisi dengan tarian Radap Rahayu dan Pucuk Pisang dari siswa kelas 10 dan 11 SMAN 2 Stagen Kotabaru, dan atraksi drum band Gita Jaya Smada, bertempat di halaman sekolah.

Hadir dalam acara ini bupati Kotabaru yang diwakili oleh Asisten III Ir Abdul Hamid, Forkopinda, dan seluruh karyawan swasta, serta pelajar.

Dalam sambutan Bupati Kotabaru yang di wakili Asisten III, Abdul Hamid menyampaikan, pemerintah memberikan penghargaan kepada SMAN 2 atas inisiatif dan partisipasinya dalam peringatan hari bumi dengan penanamn pohon di lingkungan sekolah, dan nantinya bisa membuat hutan di sekitar sekolah menjadi lebih hijau.

Namun ia berharap, penanaman pohon ini jangan hanya bersifat seremonial saja namun terus berjalan dan di pelihara dengan benar. Selain itu dapat mengajak atau melibatkan masyarakat sekitar dalam pelestarian alam hingga masyarakat dapat hidup sehat.

Kepala sekolah SMAN 2, Hairil Anwar mengatakan, hari bumi merupakan hari yang berhubungan dengan lingkungan, jadi kepada seluruh siswa agar menghijau kan bumi kita dengan menanam pohon sebanyak banyaknya.

"Sebagai wujud nyata, kita harus melakukan penanaman sejak dini, membrsihkan lingkungan bahkan membudidayakan sampah dari yang tak berguna menjadi berguna bahkan mengenalkanya kepada masyarakat," himbau Hairil.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan berbagai macam acara sekolah diantaranya, kejuaraan voli putra putri antar SLTA se Kabupaten Kotabaru, lomba futsal, peringatan hari Kartini dan lomba masak antar kelas SMAN 2, jalan santai keluarga besar Smada.










- Penulis : Sri Mariana - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Tarif PDAM Kotabaru Naik

Tarif PDAM Kotabaru Naik


GEMA, PULAULAUT - Bulan April 2014 awal kenaikan tarif PDAM kepada pelanggan, hal ini mengikuti adanya Surat Keputusan ( SK) Bupati per Januari 2014. Namun sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada pelanggan melalu media dan memasang papan pengumuman tentang dasar kenaikan tarif tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala PDAM Kotabaru, Zulkifli, Selasa, "Memang benar untuk kenaikan tarif pembayaran air mulai April ini, namun sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahuinya, dengan selebaran yang dibagikan kepada seluruh pelanggan".

"Kenaikan ini berdasarkan keputusan Bupati, sebelumnya tarif untuk per meter kubik cuma 750 rupiah, dan akan dinaik kan menjadi 1000 rupiah per meter kubiknya.  Jadi dipastikan tarifnya akan naik sebesar 250 rupiah per meter kubik," ujarnya.

Masih kata Zulkifli, selain itu setiap tahunnya kita terus membangun instalasi yang tersebar di kecamatan, seperti Serongga, Sengayam, Bakau dan Lontar. Semuanya menggunakan pompa, hingga biaya operasional akan lebih besar, dan sudah pasti kami mengikuti peraturan yang ada dengan cara menaikkan tarif tersebut, bebernya.

Sekedar diketahui bahwa Perusahaan Daerah Air MInum (PDAM), kembali akan membangun instalasi pengolahan air minum, untuk memenuhi kebutuhan air di Kecamatan Sungai Durian, Kotabaru. yang mana dananya berasal dari APBN.

Dari jumlah pelanggan PDAM Kotabaru yang ada sekarang sebanyak 11000 pelanggan, dan jika dibandingkan dengan biaya operasional yang ada tentu tidaklah mencukupi. Akan tetapi PDAM adalah mitra pemerintah tentu akan membantu untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat Saijaan.












- Penulis : Fachrizal/Md - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online