Selasa, 08 April 2014

Kotabaru Hilir kekurangan Surat Suara

Kotabaru Hilir kekurangan Surat Suara

GEMA, PULAULAUT - Dari 36 kotak logistik yang di terima oleh Kelurahan Kotabaru Hilir, Pulaulaut Utara Kotabaru, Senin, (7/4/2014) untuk 9 TPS dari Komisi Pemilihan Umum Kotabaru, ternyata surat suara yang ada kurang tidak sesuai dengan jumlah pemilih. Dan rata-rata kekurangan tersebut untuk pemilih DPRD Provinsi dan DPR RI.

Penyerahan kotak suara langsung disaksikan oleh ketua kelompok panitia Pemungutan Suara (KPPS), Abdul Murat beserta staf dan anggota Pengawas Pemilu Lapangan.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan dan pembukaan segel kotak logistik ternyata untuk jumlah pemilih dengan surat suara tidak sesuai hingga ada beberapa TPS yang kekurangan surat suara dari 9 TPS yang ada di wilayah kelurahan Kotabaru Hilir.

Abdul Murat selaku ketua KPPS Kotabaru Hilir, membenarkan bahwa banyak surat suara yang hilang, seperti di TPS 9 dinyatakan 1 lembar kertas suara untuk DPRD Provinsi hilang, sedangkan untuk TPS 5 kotak logistik tidak bisa di buka karena kunci bok tidak diserahkan.

Dituturkan Murat, bukan hanya itu saja untuk TPS 2 lebih parah lagi karena 17 lembar kertas suara DPRD Provinsi hilang. Dan TPS 8 kurang 1 lembar kertas suara untuk DPRD Provinsi dan 5 lembar  kertas suara DPR RI.

Mendapatkan laporan tentang kekurangan surat suara tersebut, ketua PPL Panwascam Rusdy, langsung melakukan pengecekan kelokasi di Kelurahan Kotabaru Hilir.

"Alhamdulillah, kotak suara aman dan masalah kekurangan surat suara tersebut atau pun bok yang terkunci sudah di atasi setelah melakukan koordinasi dengan pihak KPU," kata Rusdy.

Saat ini 36 kotak suara sudah di bagikan kepada Sembilan TPS yang tersebar di Kelurahan Kotabaru Hilir. Dan nampak dilapangan tiap TPS sudah melakukan pemasangan sarana dan prasarana untuk pesta demokrasi besok 9 April 2014.











- Penulis : Fachrizal - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Polres Kotabaru Berlakukan Siaga Satu

Polres Kotabaru Berlakukan Siaga Satu

GEMA, PULAULAUT - Dua hari menjelang pemilu 9 April 2014, Polres Kotabaru adakan apel pergeseran pasukan pengamanan TPS (Tempat Pemungutan Suara) pemilu 2014, Senin, (7/4/2014) halaman Siringlaut.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Kotabaru AKBP Rijal Irawan, dan hal serupa juga dilakukan serempak si seluruh Polsek di 21 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kotabaru.

Dalam sambutannya Kapolres mengatakan, polisi adalah pengawal pesta demokrasi maka dari itu datang dan kenali TPS yang akan di jaga.

"Sesuai dengan instruksi Kapolri untuk selalu waspada dengan keadaan, karena mulai 6 April adalah masa tenang hingga pengamanan ditingkatkan menjadi siaga satu hingga pemilu berakhir," jelas Rijal Irawan.

Rijal, mengungkapkan, selama 17 hari masa kampanye terbuka untuk semua partai dilaksanakan hingga sekarang tidak ada gangguan yang berarti, hanya pelanggaran kecil dari simpatisan yaitu dalam berlalu lintas.

Masih kata Rijal Irawan, sejak diberlakukannya masa tenang 6 April kemarin, maka diadakan pengamanan gabungan antara Polri, TNI dan Panwaslu. Dengan melakukan razia pada jam malam, seperti operasi pekat dan penertiban atribut parpol.

Kapolres Kotabaru AKBP Rijal Irawan juga menghimbau kepada masyarakat, apapun hasil dari pesta demokrasi nanti, semuanya untuk kepentingan kita bersama. Jadi hargailah para pendahulu yang sudah bersusah payah menyatukan bangsa ini.

Untuk pasukan pengamanan pemilu nantinya ada 322 anggota Polri dan 2.944 anggota Linmas. Mereka sudah diberikan pelatihan tentang pengamanan pemilu. Dan 40 personil BKO (Bantuan Kendali Operasi) dari Polda Kalsel. 










- Penulis : Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Emergency 500 Banjarmasin Bantu Korban Kebakaran

Emergency 500 Banjarmasin Bantu Korban Kebakaran

GEMA, PULAULAUT - Amukan si jago merah yang terjadi Kamis, (3/4) malam sekitar pukul 19.30 wita di kawasan Veteran Gg Garuda Pulaulaut Utara Kotabaru,  kemarin mengakibatkan puluhan rumah habis terbakar dan ratusan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Hal tersebut membuat berbagai organisasi dan mahasiswa baik lokal maupun luar turun kejalan melakukan penggalangan dana untuk membantu meringankan para korban bencana.

Emergency 500 Banjarmasin, salah satu diantara para donatur memberikan bantuan berupa 61 karung pakaian dan uang tunai Rp 37.228.000, yang diserahkan langsung oleh Murjani selaku ketua kepada Pemkab Kotabaru.

Bantuan tersebut diterima oleh Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, kemudian diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang di wakili oleh Said Mulyadi, Senin, (7/4/2014) di halaman SDN Dirgahayu tempat posko penampungan.

Kepala koordinasi lapangan BPBD Kotabaru, Tri Basuki Rahmad, mengatakan, bantuan selalu berdatangan dari berbagai pihak atau organisasi untuk para korban kebakaran, baik sembako, pakaian dan uang tunai.

"Kalau untuk pakaian sudah sangat berlebihan, jadi bagi donatur yang ingin memberikan bantuannya bisa berupa uang tunai sebab dengan demikian para korban bisa menggunakan untuk sewa tempat tinggal dan keperluan lainnya," harapnya.
   
Masalah kesehatan, Tri Basuki mengungkapkan, sampai saat ini belum ada laporan korban yang dirujuk kerumah sakit, namun demikian dokter dan tim medis selalu siaga dan hingga saat ini warga yang memeriksakan diri ke posko hanya sebatas keluhan ringan kepada tim medis.











- Penulis : Amir Syarifudin/Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online