Budaya dan Seni Meriahkan Hari Nusantara


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Jelang hari nusantara pada 13 Desember 2014, Dinas Pemuda olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kotabaru, menggelar berbagai lomba seni dan budaya, diantaranya teater Mamanda tradisional, batiti tali, festival budaya, perahu katir dan yang lainnya.

Rangkaian acara tersebut sudah dimulai dari tanggal 27 Nopember hingga puncak Harnus 13 Desember nanti.

Selaku penanggungjawab kegiatan festival Kadis Disporabudpar, H Rairajuni, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk memajukan kesenian daerah khususnya Kabupaten Kotabaru dan Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya. Dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kesenian daerah banjar.

Disisi lain Bupati Kotabaru, H Irhami Ridjani, menyampaikan, sebagai tuan rumah Harnus 2014 menjadi kesempatan Kotabaru untuk mempromosikan berbagai potensi yang kita miliki. Melalui kesenian dan budaya ini diharapkan dapat memberikan pencerahan terhadap perkembangan kesenian tradisional di Kalsel.

"Jangan biarkan generasi muda kita terkikis oleh budaya luar yang yang tentunya akan merubah perilaku mereka yang menjadi harapan kita bersama," pesan bupati.

Sekedar diketahui bahwa festival Mamanda tradisional se Kalsel mengawali rangkaian acara seni dan budaya dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Harnus 2014 di Kabupaten Kotabaru.

Untuk nama nama pemenang Mamanda se Kalsel beberapa waktu lalu, yaitu, Penyaji terbaik satu, Sanggar Kariwaya Balangan, terbaik kedua, Belqis Of Art Banjarmasin, terbaik ketiga, Teater Lentera Sendratasik. Dan harapan satu, FAS FH Unlam, harapan kedua, Banua Etnika STIKIP PGRI Banjarmasin, harapan ketiga, Sanggar Mamang, Balangan.

Sedangkan Sutradara terbaik, M.Hasmi Yudi dari Sanggar Kariwaya, aktor terbaik, Muhammad F, AL dari Saggar Mamang, Balangan, dan aktris, Islaniyah Paguruan Banjarmasin. Dan raja terbaik, Mursalin Belqis of art, Banjarmasin.

Untuk kategori Pelestari dari Teater Tabalong, Paguruan Banjarmasin, Sanggar Pahimungan SMAN 4 Banjarmasin. Dan selaku tuan rumah Yayasan Pusaka Saijaan Kotabaru sebagai Pergelaran Eksibisi menampilkan judul Mamanda Batu Jilatan tentang keserakahan seorang mangkubumi terhadap kekuasaan.










- Penulis : Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar