Home » » Kodim 1004 Kotabaru Gelar Car Free Day dan Biopori.

Kodim 1004 Kotabaru Gelar Car Free Day dan Biopori.

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Selasa, 30 September 2014 Jam : 6:05:00 AM

GEMA PULAULAUT - Selain menggelar lomba Fun Bike, Kodim 1004 Kotabaru juga sosialisasikan car free day (Hari bebas berkendaraan bermotor) dan Biopori. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak ketergantungan dengan kendaraan bermotor namun gemar bersepeda.
 
Hal tersebut dikatakan Dandim 1004 Kotabaru, Letkol Inf Khabib Mahfud saat pelaksanaan Fun Bike, Minggu, kepada Gemasaijaanonline.

"Memang kita mencoba memasyarakatkan kegiatan bersepeda, bukan hanya ketika ada event saja, namun masyarakat bisa menyediakan ruang olahraga paling tidak satu minggu sekali," ungkap Khabib.

Selain itu Kodim 1004 juga mensosialisasikan program car free day yang diselenggarakan setiap Minggu pagi di kawasan Siringlaut, dari pukul 06.00 hingga 10.00 wita.

Khabib menegaskan, nantinya akan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pihak terkait mengenai kegiatan hari bebas berkendaraan bermotor (Car Free Day), tersebut agar udara bersih dan masyarakat sadar akan kesehatan.

Anggota TNI akan ditempatkan pada dua titik yaitu depan Bank BRI dan depan gedung DPRD, untuk menjaga dan mencegah kendaraan bermotor melintas dikawasan Siringlaut, setiap pagi Minggu.

Kegiatan sosialisasi car free day di Jalan Pangeran Indera Kusumanegara, Siringlaut ini sudah berjalan empat minggu.

Terpisah Bati Pers Kodim 1004 Kotabaru, Senin (29/9/2014) diruang kerjanya menyampaikan, selain mensosialisasikan car free day, kodim juga menggalakkan program Biopori.  

"Biopori, (Metode resapan air), tujuannya mengatasi genangan air, dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Dan teknologi sederhana ini dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan pupuk kompos.sementara ini pelaksanaannya masih diseputaran halaman Pemkab Kotabaru dan wilayah Koramil," ujarnya.

Bati Pers Kodim berharap, "Masyarakat nantinya dapat mengikuti dan menerapkan metode biopori ini dilingkungan sekitar tempat tinggal masing masing".

Ditambahkannya "Program TNI ini dpt membantu daerah resapan air di seluruh Indonesia yang targetnya sekitar 2800 biopori yg akan dibuat".

Dan sampah organik yang ditimbulkan pada lubang inilah yang kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang nantinya mampu menciptakan pori pori di dalam.

Sekedar diketahui bahwa HUT TNI jatuh setiap tanggal 5 Oktober dan seremonialnya sesuai instruksi di provinsi rencananya dilaksanakan tanggal 7 Oktober 2014 mendatang nanti tanggal 1 akan ada peringatan G30S/PKI .











- Penulis : Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved