Hati hati, Penipuan Pengangkatan CPNS


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Kepala Sekolah dan guru datangi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotabaru. Hal ini mereka lakukan untuk mengkonfirmasi adanya SMS yang ditujukan kepada Kepala Sekolah yang meminta data tenaga honorer yang sudah mengabdi lebih dari lima tahun untuk diangkat menjadi CPNS.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotabaru, Zaenal Arifin, SSTP, M.SI menjelaskan bahwa sms tersebut adalah penipuan. Modus penipuan tersebut diakui sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab mengatasnamakan Kepala BKD Kotabaru Drs H Selamat Riyadi dan pejabat di lingkungan BKD.

Berdasarkan informasi yang pernah diterima modus penipuan dimulai dengan pendataan tenaga honorer yang sudah lama mengabdi dengan meminta nomer phonsel masing-masing tenaga honorer oleh pelaku via telepon atau sms kepada kepala unit kerja dimana honorer bekerja.

Selanjutnya pelaku menghubungi tenaga honorer yang menjadi target untuk melengkapi persyaratan menjadi CPNS, namun sebelumnya pelaku meminta sejumlah uang melalui transfer rekening bank.

"Proses pengadaan  atau perekrutan dan pengangkatan CPNS tidak mungkin dilakukan secara perorangan seperti itu" ungkap Zaenal.

Ia menegaskan, bahwa apabila ada pengadaan CPNS tentunya akan melalui surat pemberitahuan resmi ke masing-masing Unit Kerja sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perlu diketahui juga bahwa sampai saat ini belum ada lagi kebijakan pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS. Pendataan terakhir yang dilakukan oleh pemerintah yaitu tahun 2010 berdasarkan Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 05 Tahun 2010.

Dan semua honorer hasil pendataan tahun 2010 tersebut  yang memenuhi syarat atau kriteria sudah diproses untuk diangkat menjadi CPNS.  Hanya honorer kategori II yang masih menunggu Penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dari Badan Kepegawaian Negara.

Zaenal, meminta agar para Kepala Sekolah maupun tenaga honorer apabila ada berita berita berkenaan dengan pengangkatan CPNS yang mengatasnamakan pejabat BKD agar segera dikonfirmasi langsung ke BKD melalui telephon ke (0518) 21002 atau bisa langsung datang ke Kantor BKD Kabupaten Kotabaru Jl. Sisingamangaraja No. 1 Kotabaru agar tidak sampai ada korban.








- Editor : Rian - Sumber : BKD Kotabaru
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar