Home » » 171 Calhaj Diberikan Bimbingan Manasik

171 Calhaj Diberikan Bimbingan Manasik

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Selasa, 05 Agustus 2014 Jam : 11:19:00 PM

GEMA, PULAULAUT - Memasuki musim haji tahun ini kembali Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru memberikan bimbingan manasik haji kepada 171 para jamaah calon haji (Calhaj), Selasa, (5/8/2014) pagi di ruangan Masjid Agung Khusnul Khatimah.

Pemberian bimbingan manasik haji tersebut bukan hanya kepada 171 Calhaj saja namun juga bagi petugas haji yaitu TPHI 1orang, TPHD 1 orang, dan TKHD 1 orang, sehingga total jamaah calon haji Kotabaru 174 orang dengan rincian, pria 77 orang dan wanita 94 orang.

Pelaksanaan manasik ini berlangsung selama dua hari, dan bukan hanya di kabupaten saja namun juga di dilaksanakan dikecamatan yaitu sebanyak tujuh kali.

"Manasik ini bertujuan agar calon jamaah haji mengetahui dan memahami ketika melaksanakan ibadah haji dapat melaksanakannya dengan baik dan benar, juga memiliki kesehatan prima untuk melaksanakan ibadah haji," ungkap H Ahmad Sawiti selaku Kepala Kemenag Kotabaru.

Dan dalam sambutan tertulis bupati Kotabaru yang di bacakan asisten III, Ir Rizan Fahriansyah, "Acara ini tentunya untuk memberikan pemahaman segala aspek tentang ibadah haji dan agar dipelajari sebaik baiknya".

Bupati berharap, agar para jamaah calon haji (CHJ) Kotabaru bisa memahami secara baik sehingga dapat melaksanakan ibadah haji secara khusu dan menjadi haji yang mabrur".

Bimbingan manasik ini dilakukan oleh ketua regu dan rombongan dengan narasumber yaitu, Kepala Kemenag Kotabaru, Kepala bidang penyelenggaraan haji dan umroh Kanwil Kementrian Agama Prov. Kalsel, Dr H M Faisal, Kepala Dinas kesehatan Kotabaru, Kepala Bandara GT. Syamsir Alam, dan KH Mustar Mustajab, H Muh Mulkani, AA.BA, H Mukhyar Darmawi, BA serta H.A Djailani Darmawan.

Adapun materi yang diberikan diantaranya, Kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan ibadah haji, Kebijakn teknis bimbingan jamaah haji, Kebijakan teknis pelayanan kesehatan haji, Pembentukan kelompok bimbingan, Bimbingn perjalanan haji, Keselamatan penerbangan, Konsulidasi kloter dengan barang bawaan, dan Praktek manasik haji.

Pemberian bimbingan manasik haji kepada jamaah calon haji (CHJ) Kotabaru ini akan kembali dilakukan pada besok Rabu, (6/8/2014) di ruangan Masjid Agung Khusnul Khatimah, dan juga nantinya akan dilakukan manasik di kecamatan yang sudah ditunjuk.











- Penulis : Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved