Home » , » Bupati Berikan Penghargaan Adiwiyata Kepada Sekolah Terbaik

Bupati Berikan Penghargaan Adiwiyata Kepada Sekolah Terbaik

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Rabu, 18 Juni 2014 Jam : 12:51:00 AM



GEMA, PULAULAUT - Apel gabungan setiap Senin seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah, dirangkai dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Yangmana Bupati Kotabaru Irhami Ridjani memberikan penghargaan Adiwiyata 2014 kepada sekolah terbaik.

Penghargaan Adiwiyata tahun 2014 tersebut diserahkan kepada SMAN 2 Kotabaru, SDN 1 Stagen, SMPN 5 Kotabaru. Juga diberikan peraih penghargaan sebagai desa rintis kepada Dua desa yaitu Kepala Desa Gedambaan dan Kepala Desa Sarang Tiung.

Adapunn Sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata tinggi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan meraih juara ketiga yaitu SMAN 2 Kotabaru.

Sekedar diketahui penghargaan Adiwiyata sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Adapun penilaian Adiwiyata sendiri terdiri dari Empat kriteria yaitu, pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan berbasis lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis positif, pengolahan dan perkembangan sarana pendukung sekolah.

Pelaksanaan ini dirangkai dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni dan apel gabungan tersebut langsung dipimpin oleh Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, di halaman kantor bupati.

Tema yang diambil untuk peringatan Hari lingkungan Hidup Sedunia yaitu satukan langkah, lindungi ekosistem pesisir, dan dampak perubahan bumi.

Dalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya M.B. A yang dibacakan Irhami, "Tema yang diambil sangat relevan dengan negara kita sebagai negara kepulauan yang kaya akan biota lautnya atau disebut juga Marine Mega Biodiversity. Potensi tersebut harus dioptimalkan untuk kemakmuran rakyat serta terus dilestarikan dan dilindungi dari kerusakan”.

“Peringatan hari lingkungan hidup tahun 2014 diharapkan menjadi momentum pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup secara konsisten dengan komitmen yang lebih tinggi,” jelasnya.










- Penulis : Siti Salasiah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved