Home » » Warga Desa Binaan Dapatkan Pelatihan Ikan Tawar

Warga Desa Binaan Dapatkan Pelatihan Ikan Tawar

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Jumat, 23 Mei 2014 Jam : 4:41:00 PM

GEMA, TARJUN - Melalui Pusat Pelatihan & Pemberdayaan Masyarakat (P3M), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Plant Tarjun, Kotabaru bekerjasama dengan Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Mandiangin, Banjarbaru untuk pelatihan perikanan budidaya air tawar kepada warga desa-desa binaan.

Disamping itu juga perusahaan  memberikan bantuan pakan serta ribuan bibit ikan nila untuk dikembangkan dilahan-lahan kosong milik warga sekitar operasional pabrik.

Kepala Departement CSR Indocement Tarjun, Teguh Iman Basoeki, mengatakan bahwa P3M dijadikan Indocement sebagai basis pelatihan dan pemberdayaan masyarakat guna peningkatan SDM masyarakat sekitar, berbagai bidang kegiatan dilakukan seperti Perikanan, peternakan dan perkebunan dan lainnya.

Ditambahkan Teguh, kegiatan ini adalah yang keempat kami lakukan dan budidaya ikan ini meningkat cukup signifikan. Indocement cukup berhasil mengembangkannya bahkan minat dan animo masyarakat cukup tinggi, kedepan perusahaan akan terus membina warganya sehingga lahan-lahan kosong yang dimiliki warga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna peningkatan pendapatan masyarakat sekitar.

"Budidaya ikan air tawar terutama nila yang kami kembangkan di P3M, sekarang fokus kepada pembenihan atau penyediaan bibit ikan nila guna mencoba memenuhi permintaan warga untuk mereka kembangkan dilahannya, permintaan sangat banyak dan kami segera mungkin akan melakukan pembinaan dan pelatihan terlebih dahulu," jelas Teguh.

Faktor keberhasilan sangat dipengaruhi oleh pengetahuan dan yang pasti adalah kesungguhan warga untuk berkembang. Perusahaan melalui Program CSR-nya berusaha memberikan Aplikasi untuk Teknologi Terapan sederhana untuk Pemberdayaan Warga sekitar operasional Perusahaan dengan tujuan Peningkatan Ekonomi Masyarakat sekitar, Lanjut Teguh.

Hery Kurniawan menyampaikan “Materi yang kami sampaikan berupa, Pengenalan jenis perikanan air tawar, budidaya ikan nila & lele, pembenihan dan pembesarannya, pembuatan pakan, pakan alternatif, tata cara pembuatan kolam dan cara-cara mengatasi kondisi alam didesa binaan.
 
Tambah Hery, Sebelumnya, kami memperkenalkan instansi BBAT, peran dan fungsinya, para peserta dengan mudah memahami bahkan tertarik dengan pelatihan ini, mereka menyimak dan antusias, hal ini nampak terlihat dengan banyaknya diskusi, artinya keinginan mereka untuk mengembangkan usaha ini sangat baik.

Salahsatu peserta, Ilham Subadri mengatakan, “Sebelumnya saya hanya mendengar dari teman tentang budidaya ikan air tawar, namun sekarang sudah tatap muka langsung dengan para ahlinya dan bersyukur diberikan pelatihan perikanan budidaya air tawar serta materi dengan penjelasan yang menarik juga mudah dipahami,”.

Ilham melanjutkan “Saya kira tidaklah sulit usaha ini, tinggal kemauan dan usaha kita yang perlu menjadi perhatian, pastinya perasaan senang karena suka dengan kegiatan ini, kalo harapan kedepannya, ya kami mohon Indocement terus melakukan pemantauan dan pembinaan kepada warga sekitarnya”.

Kepala P3M Indocement Tarjun, I Wayan Kedep Sudiarta menjelaskan, Tujuan pelatihan ini yaitu memberikan ilmu kepada warga yang ingin membangun usaha berupa budidaya ikan air tawar dan jalinan kerjasama antara perusahaan dengan masyarakat sebagai bentuk kepedulian serta usaha keberlanjutan.

"Target yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah agar masyarakat yang diberi pelatihan dan pembinaan ini dapat menerapkannya dan berhasil sehingga menjadi contoh bagi masyarakat lainnya,” harap Wayan.












- Penulis : Humas ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved