Home » » Indocement Berikan Pelatihan Peternak Desa

Indocement Berikan Pelatihan Peternak Desa

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Selasa, 27 Mei 2014 Jam : 5:40:00 PM

GEMA, TARJUN - Guna meningkatkan ekonomi warga sekitar operasional pabrik, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun, Kotabaru melalui Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M),  bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Kotabaru melaksanakan pelatihan peternakan kepada warga desa-desa binaan dan memberikan bantuan pembangunan kandang serta bibit induk kambing.

Kepala P3M Indocement Tarjun, I Wayan Kedep Sudiarta menjelaskan, pelatihan digelar dengan tujuan memberikan ilmu pengetahuan kepada warga yang ingin membangun usaha peternakan, dalam hal ini ikut membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan melalui program gulir induk.

Ditambahkannya, selain itu juga diberikan bantuan pembangunan kandang ternak tiap-tiap peternak oleh tim CSR Indocement dengan merubah pola pikir dari usaha sampingan menjadi usaha pokok. Dan target yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah agar masyarakat yang diberi pelatihan dan pembinaan ini dapat menerapkannya sehingga menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

Menurut Section Head CSR Indocement Tarjun, Yanuar Arif , mengatakan perusahaan melalui Program CSR-nya berusaha memberikan Aplikasi untuk Teknologi terapan sederhana untuk pemberdayaan warga sekitar operasional Perusahaan dengan tujuan Peningkatan Ekonomi Masyarakat sekitar.

Dan P3M dijadikan Indocement sebagai basis pelatihan dan pemberdayaan masyarakat guna peningkatan SDM masyarakat sekitar, berbagai bidang kegiatan dilakukan seperti perikanan, peternakan, perkebunan dan lainnya sebagai percontohan untuk kemandirian, beber Arif.

Lebih luas Arif menjelaskan, Indocement cukup berhasil mengembangkan peternakan ini, bahkan minat dan animo masyarakat cukup tinggi, dan kegiatan peternakan ini Ketiga kalinya dilakukan oleh perusahaan hingga sekarang meningkat cukup signifikan.

Dan kedepan perusahaan akan terus membina warganya dan kami segera mungkin akan melakukan pembinaan dan pelatihan terlebih dahulu. Karena faktor keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh pengetahuan dan yang pasti adalah kesungguhan warga untuk berkembang, ujar Arif.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kotabaru selaku Instruktur pelatihan, Ahmad Asbili menyampaikan, materi yang kami sampaikan adalah pengenalan beternak kambing, jenis-jenis kambing, pemeliharaan ternak kambing yang baik dan benar, pengenalan tentang penyakit hewan, pakan, kesehatan pakan, cara mengetahui umur, bibit yang baik, model kandang yang baik hingga analisa usaha dan pemasaran.

Asbili melanjutkan, dalam penyampaian materi tentang peternakan kambing ini para peserta mudah memahaminya karena menggunakan gambar sehingga para peserta mudah menyimak dan antusias bahkan sangat tertarik dengan pelatihan ini.

Nampak terlihat dengan banyaknya diskusi, artinya keinginan mereka untuk mengembangkan usaha ini sangat baik apalagi lingkungan sekitar mereka adalah pertanian mereka sendiri sehingga mendukung usaha ini.

Disinggung untuk pemasaran tidaklah sulit karena daerah kita ini kambing laku dipasaran bahkan saat ini masih mendatangkan dari daerah lain. Kedepannya terus dilakukan pendampingan agar usaha ini terus berjalan sesuai dengan harapan kita semua, ungkap Asbili.

Peserta dari RT.09 desa sidomulyo, Muhsin mengatakan, sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara pelatihan yaitu Tim CSR Indocement, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kotabaru, bapak kepala desa, dokter hewan dan bapak-bapak staf ahli peternakan.

Kami bersyukur sekali dengan adanya pelatihan ini, karena sebelumnya kurang mengetahui dan tidak begitu jelas namun sekarang telah kami pahami diantaranya pemeliharaan ternak kambing yang baik dan benar, jenis-jenis penyakit kambing dan cara menanggulanginya, serta ketemu langsung dengan peternak-peternak yang telah sukses hasil binaan Indocement.

Muhsin melanjutkan, peternakan ini juga mendukung usaha pertanian sekitar kami karena kotorannya dijadikan pupuk dan pakan juga mudah didapatkan artinya saling mendukung. Dan saya kira tidaklah sulit usaha ini, tinggal kemauan dan usaha kita yang perlu menjadi perhatian, pastinya perasaan senang karena suka dengan kegiatan ini.

Harapan kedepannya, ya kami mohon Indocement terus melakukan pemantauan dan pembinaan kepada warga sekitarnya, ujar Muhsin.
 











- Penulis : Humas PT ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved