Musim Buah, Volume Sampah Meningkat


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Banyaknya hasil alam yang berlimpah di Kabupaten Kotabaru, salahsatunya buah-buahan seperti sekarang tidak disia siakan oleh PKL (Pedagang kaki lima), baik lokal maupun luar daerah untuk menggelar dagangannya. Namun hal ini justru membuat volume sampah meningkat, diberbagai tempat Kecamatan Pulaulaut utara.

Buah-buahan ini selain dari lokal juga di datangkan dari luar daerah seperti Sulawesi dan Makassar, diantaranya rambutan, cempedak dan durian.

Pedagang buah musiman ini menggelar dagangannya ditrotoar atau pun dipinggir jalan, dan perlu kita ketahui bahwa setiap musim buah tiba menyisakan sampah berserakan dimana mana, tentu kurang sedap dipandang mata bahkan aromanya yang menyengat.

Hal ini tentu membuat warga pejalan kaki merasa terganggu dan masyarakat sekitar tempat pembuangan sementara (TPS) mengeluh dengan aroma yang kurang sedap. 

Pada musim penghujan dan musim buah yang terjadi saat ini, sudah barang tentu menyebabkan terjadinya peningkatan volume sampah. Dan hal ini membuat petugas kebersihan harus bekerja ekstra, karena sampah menjadi lengket.

Peningkatan volume sampah ini didominasi oleh sampah kulit durian. Diharapkan dan dihimbau kepada masyarakat khususnya para pedagang untuk dapat bekerjasama dalam menjaga kebersihan setidaknya lingkungan tempat mereka berjualan.

Dengan demikian para pedagang ini secara tidak langsung turut berperan dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari  produksi sampah organik yang meningkat.










- Penulis : Mustika - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar