Indocement Ajarkan Warga Hidup Mandiri


Baca Juga



GEMA, TARJUN - Mengawali program peternakan tahun 2014, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru mengajarkan hidup mandiri kepada warga desa binaan, melalui Pusat Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (P3M), dengan cara beternak kambing.

Pelatihan peternakan angkatan kedua ini dilaksanakan selama tiga hari dengan jenis ternak kambing. Hal semacam ini di gelar PT Indocement agar masyarakat desa binaan perusahaan lebih memahami secara baik dan  memiliki pengetahuan beternak hingga praktek peternakan yang matang.

CSR Section Head Indocement Pabrik Tarjun, Yanuar Arif mengatakan, perusahaan berusaha memberikan kesejahteraan kepada warga binaan, melalui program yang mereka kembangkan. Setelah mengikuti pelatihan dan magang, perusahaan melalui program CSR akan memberikan bantuan bergulir bibit kambing dengan komposisi satu peternak menerima dua ekor kambing.

"Harapan perusahaan, mereka bisa mengembangkan atau pun mempraktekkan peternakan ini didesa masing-masing” kata Yanuar.

Ia menambahkan, pelatihan dan magang ini sudah angkatan kedua, namun akan terus bertambah angkatan berikutnya dari peternak-peternak kecil terus berkembang dan meningkat untuk menjadi peternak-peternak besar.

Indocement ingin programnya selalu berdampak langsung pada peningkatan ekonomi sekitarnya, maka itu apa yang bisa kita lakukan untuk memberdayakan masyarakat akan kita lakukan,”ujarnya.

Instruktur pelatihan, Taufik dari Dinas Peternakan Kotabaru dan Kepala P3M Indocement Tarjun serta Sunaryo selaku peternak sukses dari Desa Tarjun angkatan pertama. Kegiatan ini diikuti 4 calon peternak.

Kepala P3M Indocement Tarjun, I Wayan Kedep menyampaikan, Peternak secara khusus diberikan materi tentang membuat kandang yang bagus, pemilihan bibit ternak, pengenalan beternak kambing, pemberian pakan yang tepat dan cara-cara penanganan hewan sakit.

Selain itu, kesehatan pakan, cara mengetahui umur, seleksi bibit yang baik, perkandangan, pasca panen hingga analisa usaha dan pemasaran. Bahkan peserta diberi kesempatan untuk praktik dan membandingkan antara peternak yang satu ke peternak yang lain sehingga mereka lebih terbuka.

“Kemampuan peserta menyerap materi pelatihan cukup bagus dan antusias, bahkan semangat mereka untuk beternak cukup bagus. Kiat-kiat sukses beternak kambing adalah telaten terhadap ternak, kebersihan kandang serta pakan yang cukup, sungguh-sungguh dalam memelihara, tanggap terhadap penanganan penyakit hewan dan rajin mencari pasar " beber Wayan.

Dikatakan Siswo Hadi, salah seorang peserta pelatihan warga Desa Serongga RT.08/ RW III, pelatihan ini menambah wawasan dan pengalaman kami tentang memelihara ternak. Harapan kedepan bisa untuk penghasilan tambahan bagi kami warga.

Diakui Hadi bahwa latar belakang mereka bukan peternak tetapi buruh harian lepas atau tukang bangunan dan berkebun, namun untuk kesiapan kami sudah mendapatkan pengetahuan bahkan ternak dibantu Indocement.

"Lahan sudah kami siapkan, modal juga ada dan jenis pakan ternak cukup banyak tersedia di desa kami, ya pada intinya ada kemauan yang ulet lah. Kalau untuk pemasaran, disekitar kami banyak sekali pembeli bahkan pembelantik ternak sehingga tidak ada masalah dengan penjualan" tuturnya.

Disisi lain Kepala Desa Serongga, H. Anwar Sayid menyampaikan, Terima kasih atas program CSR perusahaan atas bantuan nya di bidang peternakan kepada warga kami, apa lagi setelah mengikuti pelatihan peternakan kemarin, semoga mereka dapat mengaplikasikan dan berhasil.

Seperti telah diketahui, Produsen semen merk Tiga Roda ini memiliki program CSR perusahaan dengan 5 pilar pembangunan sosial, antara lain seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya agama olahraga dan keamanan, termasuk permberdayaan berkelanjutan (Sustainable Development).










- Penulis : Humas ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar