Disdik Sosialisasikan Kurikulum 2013


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Untuk menyesuaikan kurikulum sekolah dasar dan menengah yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dinas Pendidikan Kotabaru menyelenggarakan sosialisasi kurikulum untuk SD (Sekolah dasar), dan Sertifikasi Guru Tahun 2014, Rabu, ( 26/2 ) tempat SDN1 Rampa Kotabaru.

Acara ini diikuti 150 peserta dari 9 sekolah dilingkup gugus sebatung dan beberapa perwakilan gugus wilayah Kecamatan Pulaulaut Utara. Dan saat ini wacana yang berkembang adalah penyempurnaan kurikulum, dimaksudkan untuk menyempurnakan kurikulum yang sudah ada.

Perlu diketahui bahwa pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas manusia, peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat.

Sosialisasi dengan narasumber H.Sucipto, dari Dinas Pendidikan Kotabaru yang menyampaikan, tentang Kurikulum SD 2013, bahwa dengan adanya sosialisasi seperti ini diharapkan agar semua peserta dapat mengambil manfaatnya dalam terbangunnya kapasitas pengajaran yang berpusat pada peserta didik. 

"Keberadaan kurikulum 2013 ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan, dengan pembaharuan sistem pengajaran yang lebih baik. Tujuannya untuk membangun karakter bangsa ( peserta didik )", jelas Sucipto.

Terkait dengan program sertifikasi guru, Sucipto, mengharapkan, agar sertifikasi ini dapat menjadi motivasi guru untuk memiliki komitmen yang lebih kuat dan bisa menunjukkan kinerja yang tinggi dengan didasari nilai moral yang tinggi pula.

Lebih luas ia memaparkan bahwa, tugas untuk menyukseskan program pencerdasan kehidupan bangsa bukanlah hanya tugas pemerintah semata, tetapi tugas itu adalah tugas bersama antara pemerintah dan masyarakat guna menjadikan anak bangsa menjadi insan-insan yang cerdas serta memiliki wawasan yang luas akan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK ).

Diharapkan, dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah, peneyelenggaran pendidikan di sekolah-sekolah dapat berjalan secara optimal. Dan adanya sertifikasi guru ini dapat meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan secara berkelanjutan. Disamping peningkatan kesejahteraan terhadap guru itu sendiri.










- Penulis : Mustika - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar