Buah Rambutan Menjamur


Baca Juga



GEMA, PULAULAUT - Siapa yang tidak kenal dengan buah rambutan, baik kalangan anak-anak maupun  dewasa kenal dengan buah yang satu ini. Jenis tanaman tropis ini sangat mudah di dapat dan biasa tumbuh di Indonesia. Kini buah rambutan menjamur di Kotabaru hampir setiap tempat perbelanjaan dan jalan bisa dijumpai.

Jenis buah ini bervariasi namun musiman, harganya pun terjangkau sehingga para pembeli tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Ibu Hayati, salah seorang pedagang buah rambutan di pasar kemakmuran mengatakan, bahwa rambutan yang ia jual di datangkan dari Kapuas, setiap harinya.sebanyak 5.500 ikat hingga 6.000 ikat.

"Harganya beragam, Rp 2.000 hingga Rp. 2.500 per ikat. Setiap harinya habis terjual hingga 5000 ikat" lumayanlah kata Hayati.

Ditanya penghasilan yang di dapatkan per harinya, Hayati bersyukur, alhamdulillah, bersihnya sekitar Rp 500.000 hingga Rp. 1.000.000, tuturnya dengan senyum.

Menurut pedagang buah yang sudah berpengalaman lebih 20 tahun ini, tumpukan rambutan ini akan habis ketika menjelang sore.

Buah rambutan biasanya mulai berbuah sekitar bulan Desember hingga Maret, yang dikenal dengan musim rambutan dan biasanya bersamaan dengan buah musiman lain seperti buah durian, mangga, cempedak, pempaken, manggis,ramania dan buah lainnya.

Disamping buahnya yang enak ternyata buah rambutan memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C.

Kulit buah, kulit batang hingga daun mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance dan zat besi. Biji mengandung lemak dan polifenol.








- Penulis : Misnawati - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar