Home » » Buah Durian Jadi king of fruit

Buah Durian Jadi king of fruit

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Rabu, 05 Maret 2014 Jam : 6:00:00 PM

GEMA, PULAULAUT - Buah durian, siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini, yang mana nama durian di ambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Dan buah ini pun mendapat julukan raja dari segala buah atau dalam bahasa inggrisnya”king of fruit”.

Buah durian adalah buah yang membuat kita membayangkan suatu buah penuh duri tentu mengerikan. Namun dibalik semua itu buah ini memliki ciri khas kulit yang keras dan berlekuk-lekuk tajam, dan jika matang memiliki aroma yang sangat menyengat.

Memang sebagian orang tidak menyukai aroma buah tersebut, namun kebanyakan orang Indonesia menyukainya.

Biasanya buah durian yang lebih terkenal adalah durian montong yang berasal dari Thailand. Tapi tahukah anda bahwa durian lokal asli Indonesia pun cukup banyak dan rasanya tidak kalah dengan durian montong.

Dikabupaten Kotabaru, tepatnya di jalan Panorama terdapat salah satu warung buah musiman yang dijual khusus durian, dengan berbagai jenis dan pastinya dengan rasa yang sangat lezat pula.

Jenis buah durian yang dijual diantaranya durian ketupat,durian mentega,durian tupai dan masih banyak lagi. Pedagang lokal tidak memetik langsung dari pohonnya tapi menunggu buah durian nya jatuh saja.

Karena dengan jatuhnya buah tersebut pertanda sudah matang dan siap untuk di makan. Kisaran harga buahnya pun variatif dari harga 5 ribu hingga 20 ribu perbuah, sedangkan harga 1 ikatnya sebesar 70 ribu rupiah.

Arhat, salahsatu penjual buah musiman ini mengatakan, buah durian yang bagus itu dilihat dari tangkai buahnya yang besar dan kulitnya yang hijau serta durinya yang tajam, dengan begitu isi di dalamnya pasti sangat enak dan manis.

Perlu diketahui ternyata buah durian merupakan salah satu makanan sehat, sebab memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti vitamin B kompleks, memiliki kegunaan bagi kesehatan yang beragam seperti memperbaiki sistem syaraf, meningkatkan mood, kandungan mineral mangan, tembaga, zat besi.

Bahkan terdapat magnesium, yang bermanfaat dalam memproduksi dan pembentukan sel darah merah serta mencegah anemia.

Buah durian segar merupakan sumber kalium yang berguna bagi tubuh, bahkan dapat membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah. Banyak sekali manfaat buah durian bagi kesehatan kita.










- Penulis : Siti Aisyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved