SD IT AL - Izzah Praktek Menanam Pohon


Baca Juga



GEMA, PULAULAUT - Sekolah Dasar (SD) Al-Izzah yang terdiri dari empat lokal lakukan kegiatan menanam pohon dan praktek pertanian dibalai pembibitan pertanian Desa Sigam, Rabu, (12/2) pagi, didampingi oleh guru mereka. Dengan motto “Satu pohon seribu kebaikan”.

Berkaitan dengan hal tersebut, Balai Pembibitan Pertanian di Desa Sigam Pulaulaut Kotabaru, sebagai tuan rumah mengenalkan  nama-nama tumbuhan dan tanaman bahkan bagaimana melakukan penanaman pohon yang baik dan benar kepada siswa.

Kegiatan ini merupakan pembelajaran program SD IT Al-Izzah Kotabaru, dengan konsep pembelajaran pertanian. Dan para Guru mengajak para siswa dan siswi untuk melakukan praktek menanam pohon tanaman bunga hias dalam pot.

Sekedar diketahui bahwa musibah yang menimpa disekitar lingkungan kita, akibat ulah segelintir orang yang merusak lingkungan. Dan berawal dari hal tersebut, siswa diajarkan sejak dini untuk menumbuh kembangkan kesadarannya akan pentingnya melestarikan alam.

Kepala sekolah SD IT Al-Izzah Kotabaru, Ustad Lastiadi Muhtadin, mengatakan, program Outdoor Learning ini agar anak bisa belajar langsung melalui media lingkungan, dengan terjun langsung kelapangan.

“Kalau Cuma belajar didalam kelas saja tentunya anak-anak akan jenuh dan bosan. Jadi ini salah satu program agar anak tidak bosan” ujar Muhtadin.

Lebih luas dipaparkannya, program ini akan dilaksanakan setiap dua bulan sekali. Dan bukan hanya bidang pertanian namun siswa juga akan diajak kelingkungan lain seperti, hutan pasar, kantor desa, bandara dan yang lainnya.

Salah Seorang Guru SD IT Al-Izzah, menambahkan, kegiatan menanam pohon ini sering dilakukan dialam terbuka, karena merupakan konsep pembelajaran dari Sekolah kami.

“Kegiatan ini tak lain agar para siswa cinta terhadap lingkungannya, dan nantinya tumbuh kepedulian hingga dapat menjaga dan merawat pohon yang ada disekitar mereka untuk penghijauan” harapnya.

Pengenalan berbagai macam tanaman kepada siswa, dipandu oleh kepala UPT Balai Benih Utama, Markus, dari Dinas Pertanian Kotabaru.

Dilain pihak Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian, Ani Sulistiawati, menyambut baik kegiatan tersebut.

“Anak-anak dikenalkan terhadap lingkungan, terutama tanaman dan holtikultural dengan kembali ke alam (Back to nature), agar nantinya Kotabaru semakin hijau, asri dan indah” jelas Ani penuh harap.









- Penulis : Salasiah/Mustika - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar