Home » , » Kotabaru Tambah Bangunan Pengolahan Air Bersih

Kotabaru Tambah Bangunan Pengolahan Air Bersih

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Kamis, 13 Februari 2014 Jam : 5:00:00 PM



GEMA, PULAULAUT - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum setempat kembali membangun pangolahan instalasi pengolahan air bersih di Gunung Sari dengan kapasitas 40 liter per detik.

Plt Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Kotabaru Zulkifli AR, di Kotabaru Rabu, (12/2/2014) mengatakan, pengoilahan air bersih Gunung Sari mampu untuk melayani 3.000 pelanggan.

"Namun saat ini baru melayani sekitar 1.100 pelanggan yang tinggal di daerah Stagen, Sungai Taib, Pelabuhan Pelindo III, Terminal Induk, Bandara Stagen dan sekitarnya," jelasnya.

Agar bisa melayani pelanggan lebih luas lagi, pengolahan air bersih Gunung Sari perlu dukungan dana untuk pembangunan instalasi pipa distribusi untuk daerah yang belum terlayani. Pembangunan pipa distribusi tersebut, bisa berasal dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Kotabaru.

Zulkifli mengemukakan, dana untuk pembangunan instalasi pengolahan air bersih Gunung Sari berasal dari dana APBD sekitar Rp4 miliar. Saat ini, lanjut dia, pelanggan PDAM Kotabaru di perkotaan mendapatkan layanan air bersih dari sumber air dari Gunung Uli kapasitas 30 liter per detik, dan 20 liter per detik.

Gunung Reli yang sumber airnya dari Gunung Mandin dengan kapasitas 50 liter per detik, Gunung Tirawan kapasitas 30 liter per detik, Gunung Perak kapasitas 10 liter perdetik dan Gunung Pemandangan kapasitas 10 liter per detik.

Menurut Zulkifli, khusus untuk sumber air dari Gunung Tirawan dan Gunung Pemandangan rawan terhadap kemarau panjang.

Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, mengajak instansi terkait untuk fokus untuk menyelesaikan masalah air bersih bagi masyarakat Kotabaru, secara bertahap.

"Satu persatu kita akan menyelesaikan pembangunan instalasi, dan selanjutnya kita akan membangun jaringannya, bukan hanya pelayanan saja yang dilakukan tetapi air harus sehat dan memenuhi standar" katanya.

Bupati bertekad bisa mewujudkan masyarakat Kotabaru tidak menghadapi malasah air bersih, baik saat kemarau maupun di saat musim hujan, karena terjadi banjir. Dan rencananya nanti akan ada penambahan untuk instalasi-instalasi pengolahan air minum yang lain di Kotabaru.

Instalasi pengolahan air minum Gunung Sari, Pulaulaut Kotabaru, ini mempunyai satu gudang, satu bangunan pengolahan dan rumah jaga pegawai.


















- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved