Jumat, 14 Juni 2013

Gerimis Buat Anak Cerdas

Gerimis Buat Anak Cerdas



GEMA -  Gerimis (Gerakan minum susu), yang dilakukan di pondopo Kantor Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan Rabu, (12/6) oleh Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin dan Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani bersama anak-anak setempat.

Pencanangan minum susu sapi ini bukan hanya di Desa Tegalrejo saja namun di lakukan secara Nasional, agar generasi muda bisa cerdas untuk menghadapi masa depan.

Sebelumnya gubernur Kalsel dan bupati kotabaru terlebih dulu meresmikan bangunan rumah pengolahan susu sapi perah, bantuan dari program CD/CSR perusahaan Indocement Tarjun.

Dalam sambutannya Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin mengatakan, program ini dilakukan pemerintah agar para generasi muda bisa lebih cerdas di masa yang akan datang, di kalsel sudah banyak sentra-sentra susu sapi, melihat hasil sekarang pemerintah akan memberikan tambahan bantuan 16 ekor sapi untuk Desa Tegalrejo.

Rudy menambahkan, nantinya para kelompok tani ternak akan di berikan pelatihan peternakan dan bantuan sekarang harap di pelihara, jangan di jual dengan alasan sapi sakit namun harus lebih di tingkat lagi.

Perlu di ketahui bahwa warga Indonesia per tahunnya untuk mengkonsumsi minuman susu sapi sekitar 11,09 persen saja, bisa di katakan hanya Lima tetes per harinya untuk minum susu sapi.

   






- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Gubernur Kalsel Kunjungi Tegalrejo

Gubernur Kalsel Kunjungi Tegalrejo



GEMA -  Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin Rabu, (12/6) kunjungi Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru, dalam rangkaian acara peresmian rumah pengolahan susu sapi perah.

Bangunan yang berukuran 5x5 M persegi ini di resmikan oleh Gubernur Kalsel dengan pemotongan pita dan pembukaan papan nama, di dampingi Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani bersama rombongan yang hadir.

Sebelumnya kedatangan rombongan gubernur di sambut dengan tarian reok dari blitar yang ada di Desa Tegalrejo Kabupaten Kotabaru,

Sekedar di ketahui tanah bangunan pengolahan susu sapi perah ini hasil hibah dari Samiang warga Desa Tegalrejo, dan bantuan bangunan oleh PT Indocement Tarjun melalui program CD /CSR perusahaan bekerjasama dengan Dinas peternakan Kabupaten Kotabaru.

Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin bersama Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani dan rombongan mencek langsung keadaan bangunan dan tiap ruangan, tempat pembuatan susu sapi perah baik peralatan sarana dan prasarana penunjang produksi.

Dikesempatan lain Kades Tegalrejo Haryanto kepada Gemasaijaanonline mengatakan, untuk sementara kami hanya memproduksi susu sapi perah ini dengan cara tradisional, dan pemasarannya pun hanya untuk lokal Kecamatan Kelumpang Hilir Serongga saja, dengan kisaran harga Rp 3.500 rupiah per gelasnya.

Lebih luas Haryanto mengungkapkan, jumlah sapi perah yang ada sekarang 16 ekor betina dan Satu jantan bantuan dari Pemkab Kotabaru, namun bisa menghasilkan susu Enam liter per hari untuk Satu ekor sapi. 
 





- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online