Sabtu, 25 Mei 2013

Tolong, Perhatikan Jalan Kami

Tolong, Perhatikan Jalan Kami




Daerah kami yang berjarak ratusan kilometer dari ibukota kotabaru nampaknya kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah kabupaten, masalahnya akses jalan Desa Semaras Kecamatan Pulaulaut Barat puluhan kilometer jalan tersebut rusak berat dan memperihatinkan.

Memang ada sebagian jalan yang sudah di betonisasi oleh pemkab namun masih banyaknya jalan yang sulit di lewati oleh warga di karenakan kubangan lumpur dimana mana hingga sulit di lewati.

Tolong kepada pemkab kotabaru bisa memperhatikan nasib kami warga lontar dan daerah lainnya yang melewati jalan tersebut, banyak kendaraan roda empat yang amblas apa lagi roda dua.

Padahal daerah kami untuk wisata dan sumber daya alamnya sangat banyak, apabila akses jalan ini bagus tidak menutup kemungkinan akan membuka mata dunia untuk bisa datang ke daerah ini.
 




- Penulis : Arief - Editor : Rian - Sumber : Aspirasi Rakyat
Desa Sumber Sari Sambut Kedatangan Bupati

Desa Sumber Sari Sambut Kedatangan Bupati




GEMA - Desa Sumber Sari yang berjumlah sekitar 140 Jiwa ini mendadak ramai dengan berbagai macam kegiatan karena orang nomor satu di Bumi Sa-ijaan akan  berkunjungi ke desa mereka untuk meresmikan gapura TA. 2012 dan peresmian Posyandu hasil kerjasama Pemerintah Kecamatan Pulaulaut Barat dengan PNPM.  

Sekitar pukul 09.30 wita rombongan bupati memasuki Desa Sumber Sari disambut dengan kalungan bunga dan tarian kuda lumping oleh anak-anak setempat.

Walaupun akses jalan yang rusak dan belum terjamah oleh aliran listrik namun warga yang mayoritas dari suku Jawa ini tetap melakukan pekerjaan rutin mereka sebagai petani juga pekebun.

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani mengatakan, saya meminta maaf kepada semua masyarakat atas keterlambatan perbaikan pembangunan jalan lontar yang semakin parah dan diminta kepada skpd yang bersangkutan untuk bisa mengajak perusahaan setempat untuk bekerjasama memperbaiki jalan.

Ditambahkan Irhami, "Untuk listrik menunggu selesainya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sigam yang berkekuatan 2x7 MW akhir tahun ini dan akan bisa mencukupi penerangan untuk Pulaulaut. Sedangkan untuk pembangunan yang ada seperti gapura, Posyandu dan lainnya harus benar-benar dipelihara agar bisa bertahan lama, dan mengucapkan terima kasih kepada pihak PNPM yang sudah membantu pembangunan ini".

Camat Pulaulaut Barat Zainuddin menambahkan, PNPM memang sangat membantu dalam pembangunan di desa ini karena Posyandu dan gudang pangan sangat diperlukan oleh warga sebab mereka mayoritas petani dan pekebun, untuk akses jalan diharapkan masyarakat lontar bersabar dulu karena pengerjaan bertahap dan rencananya akan kembali dilakukan pembangunan bulan Oktober nanti.

"Gapura di desa ini luar biasa karena pembangunan Rp 50 juta namun hasilnya mencapai Rp 75 juta dan akan mendapatkan reward, Zainuddin pun mengharapkan adanya pembangunan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas karena jarak desa ini 10 Km dari Lontar" jelas Zainuddin. 

Peresmian Posyandu dilakukan dengan pemotongan pita oleh Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani bersama istri  Hj Sri Maria Ningsih Irhami disaksikan oleh forkopinda kabupaten dan kecamatan. 






- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Sekitar 60 Orang Anak di Khitan Massal

Sekitar 60 Orang Anak di Khitan Massal




GEMA - Kecamatan Pulaulaut Barat yang berjarak sekitar 115 Km dari Ibukota Kotabaru adakan khitanan massal 60 orang anak kerjasama dengan PNPM Lontar Jum'at, (24/5) pagi di Desa Sumber Sari.

Masyarakat yang penghuninya mayoritas suku Jawa ini adalah para petani dan pekebun berjarak sekitar 10 Km dari Ibukota Kecamatan Pulaulaut Barat.

Pelaksanaan khitanan ini dilakukan di gedung Pondok Bersalin Desa (POLINDES) Desa Sumber Sari dengan Lima orang tenaga medis dari Puskesmas Lontar yang di pimpin oleh Syamsir Alam.

Perlu diketahui bahwa Desa Sumber Sari ini berawal dari transmigrasi dan sekarang sudah ada sekitar 140 jiwa, masyarakat setempat hanya menggunakan ginset untuk penerangan bagi yang mampu karena dari dulu hingga sekarang desa ini belum terjamah oleh listrik padahal warga sangat mendambakan akan adanya listrik.

Kades Sumber Sari Harmono kepada Gemasaijaan online mengatakan, warga disini mayoritas petani dan pekebun namun mereka kesulitan dalam memasarkan hasil panennya dikarenakan akses jalan yang rusak bahkan belum terjamah oleh aliran listrik seperti halnya di daerah lain.

Menanggapi hal ini Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani dalam acara peresmian Posyandu mengatakan, diharapkan kepada masyarakat untuk bersabar dulu karena Desember 2013 ini Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2x7 MW akan selesai dan cukup untuk menerangi wilayah Pulaulaut hingga akses jalan pun akan diperbaiki.

Acara ini juga dirangkai dengan peresmian gapura dan posyandu, dan untuk 60 orang anak yang di khitan juga diberikan sarung serta obat-obatan. 






- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online