Sabtu, 18 Mei 2013

Menteri Nakertrans RI Resmikan Mesjid Serongga

Menteri Nakertrans RI Resmikan Mesjid Serongga



GEMA -  Dalam rangka kunjungan kerja dan silaturrahmi dengan Pemkab Kotabaru Menteri Nakertrans Republik Indonesia Drs H A Muhaimin Iskandar, M.Si menyempatkan diri meresmikan Mesjid Agung Al Amin di Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru, Jum'at, (17/5).

Sebelumnya acara dimulai dengan ceramah agama oleh ustadz kondang Sholeh Mahmud atau akrab dipanggil ustadz Solmed dari Jakarta di halaman mesjid.

Kehadiran sang ustadz kondang ini sudah barang tentu menarik perhatian warga bukan hanya dari Desa Serongga saja namun dari luar daerah pun berdatangan memadati halaman mesjid untuk mendengarkan tausiah khas ustadz Solmed.

Mesjid ini tergolong megah dengan fasilitas dan sarana juga prasarananya yang lengkap ditambah halaman yang luas dengan taman yang ditata rapi serta tempatnya yang strategis.

Sekedar diketahui pembangunan Mesjid Agung Al Amin ini berawal dari hibah tanah ukuran 75M x 75M dari warga Serongga yaitu Suni ( Kai karim) kepada Kepala Desa (Kades) Serongga Anwar Sayid, dan pada tahun 2008 pembangunan pun dimulai namun pada tahun 2010 pembangunan terkendala dana hingga di hentikan padahal sudah menyerap dana miliaran.

Proses pencarian sang donatur pun dilakukan, hingga akhirnya pembangunan tahap II dilakukan oleh H Amir Nasrudin hingga selesai tahun 2012.

Anwar Sayid Kades Desa Serongga membenarkan, pembangunan mesjid hibah tanah dari warga yaitu Suni, memang tahap pertama pembangunan menyerap dana miliaran dan sempat terhenti tahun 2010 namun kembali dilanjutkan oleh H Amir Nasrudin hingga selesai.

Menteri Nakertrans Republik Indonesia Drs H A Muhaimin Iskandar, M.Si dalam sambutannya mengatakan, mesjid selain untuk ibadah juga bisa mengatur kehidupan bermasyarakat baik dialog, perkumpulan dan yang lainnya.

Muhaimin berharap mesjid ini akan menjadi pusat kehidupan dan kebudayaan juga penggerak masyarakat terutama keagamaan, umat islam di Indonesia di akui dunia bukan terbanyak Islamnya namun juga paling taat dan kokoh ibadahnya maka itu jadikanlah mesjid sebagai pilar juga budaya negara kita.

Peresmian dilakukan dengan pemotongan pita oleh Menteri Nakertrans RI disaksikan pejabat pusat,provinsi dan kabupaten, alim ulama, tokoh masyarakat serta undangan. Dan rombongan langsung sholat Jum'at berjamah. 






- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
GOW Kotabaru Gelar Isra Mi'raj

GOW Kotabaru Gelar Isra Mi'raj




GEMA -  Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan majelis zikir, do'a bersama adakan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW di ruang induk Mesjid Agung Khusnul Khatimah Kotabaru, Kamis, (16/5)

Acara ini mengusung tema " Kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT" dan dihadiri ketua penasehat GOW Sri Maria Ningsih Irhami, ketua Dharma Wanita Liliana Suriansyah, dan seluruh majelis ta'lim.

Sebelumnya acara di awali dengan pembacaan syair maulid habsy oleh majelis Imanudin Desa Hilir Muara diikuti oleh jamaah dan tausyah oleh dr h Kamal Kementerian Agama Kotabaru.

Sri Maria Ningsih Irhami selaku ketua penasehat dalam sambutannya mengatakan, acara ini adalah moment yang baik untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan mengingatkan akan keagungan Nabi Muhammad SAW, melaksanakan perintah dengan ikhlas dan sabar.

Acara berjalan dengan khidmat para jamaah mendengarkan tuasyah dengan seksama apa yang telah disampaikan ustadz.




 



- Penulis : Sri Mariana - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Aneka Kegiatan isi 14 Tahun HUT Smada

Aneka Kegiatan isi 14 Tahun HUT Smada



GEMA -  Angka Empatbelas memang tidak ada arti bagi kebanyakan orang namun tidak demikian bagi Sekolah Menengah Atas Negeri dua ( SMAN 2) Kotabaru, pasalnya 29 April 2013 sekolah ini berumur 14 Tahun.

Banyak kemajuan dan prestasi yang di peroleh bahkan sarana dan prasarana yang menunjang dalam proses belajar mengajar membuat sekolah ini maju pesat dengan mengusung tema sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

Berbagai event pun digelar diantaranya, kejuaran bola volly se Kabupaten Kotabaru tingkat pelajar, penanaman pohon langka dan yang lainnya.

Peringatan HARDIKNAS pun tak lepas dari kegiatan SMAN 2 Kotabaru yang diperingati di halaman sekolah diikuti para siswa siswi serta dewan guru.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru Murdianto menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, perspektif sosial kemasyarakatan ada tiga penyakit sosial yang sangat besar dampak negatifnya diantaranya, kemiskinan, ketidaktahuan dan keterbelakangan.

Lebih luas disampaikan bahwa layanan pendidikan haruslah dapat menjangkau keseluruh lapisan sesuai dengan prinsip pendidikan untuk semua (Education for all) tanpa membedakan asal usul, status sosial, ekonomi dan kewilayahan.

  






- Penulis : Siti Aisyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online