Tanjung Kembar Gelar Pesta Adat



GEMA, Sungai Pasir - Masyarakat Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Tengah Kotabaru Kalimantan Selatan, menggelar pesta adat Tanjung Kembar yang berlangsung di Pantai Sungai Pasir.

Untuk menambah kemeriahan pesta adat tersebut, pemerintah desa setempat menggelar berbagai even diantaranya, lomba karaoke , sepak bola, bola voly, tarik tambang dan hiburan lainnya.

Bupati Kotabaru yang diwakili oleh staf ahli bupati bidang pembangunan Ir Mocran mengatakan , pemkab menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya pesta adat ini , dan bermakna positif dalam rangka upaya kita mengembangkan dan melestarikan adat budaya.

Dengan adanya budaya seperti ini tentu dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah kita, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. jelasnya.

Sebelum pesta adat dimulai warga lebih dulu mempersiapkan sajian dan makanan 41 macam, penyembelihan Satu ekor kambing , 14 ekor ayam kampung dan makanan khas yang di hias.

Persembahan tersebut nantinya akan ditaruh disebuah tempat yang disebut dengan Ance-ance, dan akan diletakkan di Empat penjuru, yaitu, Pantai Tanjung Kembar, pancuran, benteng dan dirancah. jelas salah satu tetua adat.







- Penulis : Misna - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar