Home » , » Warga Belajar Cara Pengolahan Ikan

Warga Belajar Cara Pengolahan Ikan

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Kamis, 29 Agustus 2013 Jam : 2:42:00 PM



GEMA - Dalam Rangka untuk meningkatkan kesejahteraan dan penghasilan taraf hidup warga Kotabaru kalimantan Selatan, Dinas kelautan dan perikanan Kotabaru bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, memberikan pelatihan keterampilan dalam pengembangan pengolahan ikan tenggiri.

Pelatihan ini pertama kali di adakan di Kabupaten Kotabaru, yang berbasis blue economy bagi pengolah ikan di daerah ini. Diikuti 30 orang peserta dengan Empat orang pelatih langsung dari Banyuwangi.

Penyelenggaraan ini berlangsung selama Lima hari dari tanggal 24-29 Agustus 2013, di kawasan perumahan warga RT 13 Jalan Hidayah Kotabaru.

Dikatakan salah seorang Instruktur pelatihan Ir A A Gede Putra, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para pengolah ikan, hingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas, dan ini pertama kali dilakukan di Kabupaten Kotabaru.

Lebih luas Gede menjelaskan, Kabupaten Kotabaru adalah salah satu daerah di wilayah Kalimantan Selatan yang dicanangkan untuk kelompok usaha pengolah hasil perikanan yang berbasis blue economy, oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) pusat. Dengan pelatihan ini akan tumbuh kelompok pengembangan usaha bersama binaan desa yang lain, hingga bisa meningkatkan penghasilan masyarakat terkhusus ibu rumah tangga dan para nelayan harap Gede.  

Sekitar Lima hari berjalan peserta di ajarkan bagaimana cara menangani ikan tenggiri, karena ada Sembilan macam makanan yang bisa di buat dari ikan diantaranya, bakso, abon dan sosis. Dan bukan hanya itu mereka juga praktek langsung cara membuat nugget ikan, yang mana nugget diolah dari surimi (umatan daging ikan) yang diproses pelapisan (battering)  serta penaburan (breading).

"Saya baru tau ternyata ikan bisa dibuat aneka macam produk olahan, seperti kaki naga ikan, otak ikan, kerupuk tulang ikan,dan yang lainnya" kata Sri Megawati, salah seorang peserta.

Sri sangat senang sekali, dengan adanya pelatihan ini saya bersama ibu ibu yang lain jadi lebih tau dan mempunyai keterampilan dalam pengolahan hasil ikan, pastinya bisa menambah pendapatan usaha keluarga ujarnya sambil tersenyum. 

Sekedar diketahui bahwa Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, wilayah kerjanya di Lima Provinsi yaitu, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan. 







- Penulis : Siti Aisyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved