Indocement Ajarkan Manajemen Kelola Keuangan




GEMA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Plant Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir Kab. Kotabaru, ajarkan Pelatihan Manajemen Kelola Keuangan kepada 78 Pelaku UMKM Desa Binaannya, di Guest House Indocement Plant Tarjun.

Kegiatan ini dibuka oleh CSR Section Head Indocement Plant Tarjun, Yanuar Arif sedangkan Instruktur dari Management Bank Mandiri Kalimantan Selatan. Adapun materi yang disampaikan meliputi mentalitas dasar, kelola usaha, administrasi usaha, tehnik pembukuan sederhana dan neraca rugi laba.

Selaku CSR Section Head Indocement Plant Tarjun, Yanuar Arif mengatakan, pemberian pelatihan ini tentang pengelolaan keuangan yg mendasar Bagi pelaku UMKM binaan Indocement, untuk membentuk mentalitas yang kuat
.
Lebih luas Arif menjelaskan, hal ini sesuai dengan pola pemberdayaan yang berkelanjutan, pada awalnya para pelaku UMKM binaan Indocement diberikan bantuan pinjaman modal serta keterampialan. Indocement selalu berkomitment untuk membina para pelaku UMKM sampai dengan tahap kemandirian, perusahaan berharap para pelaku UMKM binaan mampu untuk mandiri sehingga tujuan dari program CSR Indocement tentang pembangunan pilar ekonomi dapat terealisasi, ujar Yanuar.

Kegiatan ini terlaksana hasil kerjasama CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun dengan Management Bank Mandiri Kalimantan Selatan.

Disisi lain Instruktur pelatihan, Aris Kuncoro menyampaikan, “Pemahaman para peserta luar biasa, karena materi yang kami berikan divisualisasikan dalam bentuk game-game, roll play, pish bolt dan contoh untuk mereka kerjakan”.

Lanjut Aris, “Hasil training nampak terlihat karena peserta telah mampu menyusun laporan keuangan sederhana minimal dalam bentuk neraca dan rugi laba, serta aktivitas-aktivitas rutin dari usaha yang mereka kelola. Dan manfaat yg dirasakan yaitu pemahaman mengenai laporan keuangan sederhana ini, para pelaku usaha kecil ini bisa mengukur seberapa efektif kinerja usaha mereka, sekaligus mampu memproyeksikan bagaimana meningkatkan volume usaha sesuai target yg direncanakan”.

Salahsatu peserta Mukirah, dari Pelaku UMKM Desa Tarjun mengatakan ”sebelumnya kami belum tahu, bagaimana cara mengelola keuangan usaha kecil yg baik, sebelumnya kami menggunakan perhitungan keuangan yang sangat sederhana yaitu berapa uang yang masuk dan keluar, namun setelah mengikuti pelatihan manajemen kelola keuangan untuk usaha kecil ini, kami sudah mampu membuat laporan keuangan sendiri bahkan mampu mengukur efektivitas kerja usaha juga meningkatkan volume usaha”.

Sekedar diketahui, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk kembali dianugerahi penghargaan Indonesia Green Award 2013, yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhutanan Republik Indonesia, bertempat di Hotel Indonesia Kempinski dan tahun 2013.

Indocement mendapatkan penghargaan khusus sebagai perusahaan "Pelestari Bumi Terbaik" dan menerima penghargaan pada empat kategori yaitu: Pelopor pengelolaan sampah, Pelestari keanekaragaman hayati (Penangkaran Bekantan, Owa-owa dan Rusa Sambar) serta pelestari nilai luhur komunitas (Kampung Batik Ciwaringin).








- Penulis : Humas Indocement Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar