Home » , » Indocement Ajak Warga Budidayakan Ikan

Indocement Ajak Warga Budidayakan Ikan

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Rabu, 12 Juni 2013 Jam : 9:51:00 PM

 

GEMA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir,Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalsel, menciptakan unit usaha kecil di bidang perikanan diantaranya, menggelar kegiatan pelatihan perikanan budidaya air tawar kepada warga di desa-desa binaan sekitar operasional pabrik semen merk tiga roda ini.

Pelatihan ini dilaksanakan di Kantor Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru dan diikuti 30 warga desa binaan, kegiatan ini hasil kerjasama Indocement dengan Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Mandiangin, Banjarbaru-Kalimantan Selatan.

Instruktur pelatihan dari Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Mandiangin, Banjarbaru-Kalimantan Selatan, Muhammad Nur Fahmi menyampaikan, “Materi yang kami sampaikan berupa, Pengenalan jenis perikanan air tawar, pembenihan ikan lele dengan perkembangannya, cara pembuatan pakan alternatif, tata cara pembuatan kolam  dan pembenihan ikan lele”.

Kepala CSR Indocement Pabrik Tarjun, Yanuar Arif kepada Wartawan mengatakan “Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar ini merupakan Implikasi lanjutan dari Pusat Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) yang mana secara langsung dilakukan dilingkungan masyarakat, dan kini Indocement bersama staf ahli BBAT kembali melaksanakan pelatihan dan pembinaan, karena faktor keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh pengetahuan, pada intinya adalah kesungguhan warga untuk berkembang”.

Lebih luas Arif menjelaskan, “Untuk permodalan, Indocement memiliki program pinjaman permodalan yang bekerjasama dengan Bank Mandiri, dan untuk warga desa binaan kebijakan ini terus berjalan hingga saat ini. Melalui Program CSR-nya perusahaan berusaha memberikan Aplikasi untuk Teknologi Terapan sederhana bagi Pemberdayaan Warga sekitar operasional Perusahaan dengan tujuan Peningkatan Ekonomi Masyarakat sekitar".

Marzuki Salahsatu Peserta pelatihan mengatakan, Materi pelatihan perikanan budidaya air tawar ini sangat bagus dan penjelasan para instruktur mudah di pahami, karena selain teori juga didukung menggunakan layar visual yang menampilkan kegiatan pembenihan dan proses perkembangannya.

Menurut Kepala Desa Serongga, H. Anwar Sayid, “Usaha perikanan budidaya ikan air tawar di desa ini cukup baik karena air berasal dari pegunungan dan prospeknya bagus, ikan air tawar yang di kelola di antaranya lele jumbo, ikan mas dan jenis ikan tawar lainnya, sedangkan konsumsi lauk pauk masyarakat kita mayoritas ikan jadi untuk pemasarannya tidaklah sulit. Dan untuk permodalan, kami tetap bekerjasama dengan Indocement.

Perlu diketahui, Indocement terus mengupayakan program pembangunan berkelanjutan guna pemberdayaan menjadi komunitas yang mandiri melalui program pembangunan 5 pilar, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial Budaya dan Agama serta Keamanan untuk Desa Binaannya.







- Penulis : Humas ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved