Home » » Warga Tanjung Seloka Gelar Selamatan Laut

Warga Tanjung Seloka Gelar Selamatan Laut

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Selasa, 16 April 2013 Jam : 10:16:00 PM




GEMA -  Selamatan laut (Mappanretasi) selalu dilakukan warga Desa Tanjung Seloka kecamatan Pulau Laut Selatan sebagai rasa syukur atas rejeki yang di dapatkan masyarakat setempat yang mayoritas dari suku bugis.

Acara selamatan ini selalu digelar setiap tahunnya pada bulan April, hal ini sudah dilakukan warga setempat puluhan tahun (turun temurun) hingga kebudayaan ini mendapat perhatian dari Pemda dan dijadikan sebagai agenda tahunan.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata Senin, (15/4) kembali menggelar selamatan laut (Mappanretasi) di Desa Tanjung Seloka yang di hadiri oleh kepala Dinas Pariwisata Rairajuni bersama rombongan, tokoh masyarakat dan para undangan menyaksikan secara langsung acara selamatan laut ini.

Tokoh masyarakat Ansyar mengatakan, selamatan laut (Mappanretasi) ini sudah puluhan tahun dilakukan warga setiap bulan April tiba, sebelumnya warga melalukan selamatan diantaranya ayam, ikan, kambing, kue 7 macam, nasi putih dan kuning serta banyak lagi.

Ditambahkan Ansyar, sebelum masakan aneka macam tadi di lepas ke laut akan ditaruh di alasuji (tempat sajian) dengan menggunakan kapal kecil yang dibikin khusus. Acara ini juga di isi dengan lomba perahu hias dan tarian serta pencak silat setempat.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat hal tersebut dilakukan dengan harapan hasil tangkapan laut lebih banyak dengan bersyukur kepada yang maha kuasa.







 - Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved