Indocement Bangun Sarana Sosial & Pendidikan



GEMA - Disamping memacu pertumbuhan bisnis yang baik, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk mengambil inisiatif untuk peduli dan berkontribusi terhadap lingkungan dan sosial yang dimasukan dalam kerangka tanggung jawab sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility berdasarkan pada 5 pilar pembangunan. 

Bagian lain dari kegiatan CSR Indocement adalah program pembangunan yang Berkelanjutan atau Suistainable Development Program dan diterapkan diseluruh lokasi usaha, baik di Pabrik Citereup & Pabrik Cirebon (Jawa Barat) maupun Pabrik Tarjun,Kotabaru (Kalimantan Selatan).

Pada triwulan pertama tahun 2013 Program CSR Indocement Pabrik Tarjun ditujukan untuk desa-desa binaan yang berlokasi disekitar operasional perusahaan.

CSR Section Head Indocement Pabrik Tarjun, Yanuar Arif menyampaikan “PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk berkomitmen untuk terus melaksanakan Program CSR yang merupakan perwujudan dari Visi dan Misi Indocement. melalui program CSR, dimaksudkan untuk turut meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat dan komunitas lokal serta terciptanya dukungan masyarakat terhadap perkembangan perusahaan karena perusahaan adalah bagian dari entitas sosial”.

Yanuar menambahkan ”Program CSR Indocement dilaksanakan dengan berpedoman pada ”Program Lima Pilar Pembangunan” yaitu Pilar Pendidikan, Pilar Kesehatan, Pilar Ekonomi, Pilar Sosial Budaya Agama & Olahraga, serta Pilar Keamanan".

Perlu diketahui untuk pilar pendidikan perusahaan memberikan insentif honor guru, pembangunan gedung PAUD, lomba kreativitas siswa, sosialisasi pola hidup sehat, bantuan semen untuk pagar sekolah dan renovasi gedung Madrasah Diniyah Izharul Ulum.

Untuk Pelayanan Kesehatan dilakukan disemua desa binaan, pemberian makan tambahan untuk anak guna hindari gizi buruk, donor darah, pembangunan MCK. Dan Pilar Ekonomi, pelatihan & pembinaan untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) bidang peternakan & bantuan 12 ekor kambing, pemberian bibit perkebunan & pertanian, bantuan ribuan bibit ikan Nila, training kerajinan amplang roti dan kue, termasuk dalam pilar kesehatan.

Selanjutnya pilar sosial budaya agama dan lahraga, dilakukan perbaikan jalan utama desa, pembangunan parit, bantuan gorong-gorong, pembangunan musholla, bantuan sarana kesenian, bantuan semen untuk tempat ibadah, bantuan pengelolaan balai adat, pembangunan kantor desa, renovasi 3 buah gedung olahraga di 3 desa binaan dan semenisasi jalan Madrasah Tsanawiyah Nurul Musthafa.

Kemudian, pilar keamanan yakni training pemadaman kebakaran, linmas tarjun, pembangunan pos kamling, SAR Indocement turut serta membantu keamanan perairan sekitar dermaga perusahaan dan membantu penanggulangan bencana alam seperti kebakaran dll.

Kepala Desa Langadai, Eddy Marhadi mengatakan “Alhamdulillah, kondisi jalan yang kurang baik akibatnya sering tergenang air sehingga mengakibatkan banjir karena belum adanya Parit dan jalan yang dipergunakan masyarakat dengan berbagai kegiatannya, seperti sekolah, angkutan hasil berkebun dan bertani kiniusulan-usulan itu menjadi program CSR perusahaan".

Lebih luas Eddy memaparkan, seiring dengan bertambahnya penduduk secara otomatis kebutuhan untuk sekolah juga bertambah maka dari itu diharapkan perlu dibangun PAUD dan tambahan ruang kelas untuk SD dan pendidikan warga desa binaan terus menjadi program utama Indocement agar pendapatan usaha warga desa terus meningkat serta hubungan baik ini selalu terbina dan terjaga.







- Penulis : Humas ITP Tarjun - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar