Pesta Mallasuang Manu Kembali Digelar



GEMA -  Pesta mallasuang manu (melepas ayam) adat suku mandar warga Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Kepulauan kini kembali digelar Minggu, (17/3) di pantai batu jodoh.

Agenda tahunan pemda melalui dinas pariwisata ini diadakan setiap bulan Maret tiba, namun sangat disayangkan kebudayaan warga teluk aru ini sempat mati suri selama 3 tahun sejak 2010 karena minimnya dana.

Kepala Desa Teluk Aru Sudarman mengatakan, pesta Mallasuang manu dirintis warga dari tahun 2000 dengan dana yang minim hingga akhirnya mendapatkan perhatian pemerintah melalui dinas pariwisata dan dijadikan agenda tahunan pada tahun 2003 hingga sekarang.

Ditambahkan Hariadi selaku sekretaris pelaksana pesta mallasuang manu, sebelum acara puncak biasanya warga menggelar berbagai macam pertandingan untuk memeriahkan pesta ini, namun karena minimnya dana hingga pelaksanaanya ditiadakan.

"Proposal yang disebarkan ke beberapa perusahaan lokal pun tidak ada respon untuk membantu pelaksanaan mallasuang manu ini padahal pantai batu jodoh dan pulau cinta adalah budaya yang menjdai aset Kabupaten Kotabaru dan tetap harus dilestarikan hingga bisa menarik wisatawan luar daerah dengan memperbaiki sarana dan prasarana yang ada" jelas Hariadi.

Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani bersama Ketua DPRD Alfidri Supian Noor berserta rombongan hadiri acara pelepasan sepasang ayam (mallasuang manu) yang diadakan dipulau cinta dan berjarak tempuh sekitar 15 menit perjalanan menggunakan perahu motor dari pantai batu jodoh.

Dalam sambutannya Bupati kotabaru H. Irhami Ridjani mengatakan, Kotabaru banyak mempunyai wisata dan bisa dijual untuk tujuan wisata dengan cara mempromosikannya dan bertahap memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarananya.

"Masyarakat harus bekerjasama dan bergotong royong dengan menjalin kekompakan serta meningkatkan kerukunan, nantinya tahun depan acara ditambah dengan berbagai pertandingan agar lebih meriah" harap bupati. 







- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar